Sukses

Tanpa Obat, 6 Cara Meredakan Asam Lambung dengan Cepat

Tentu saja asam lambung bisa diobati dengan obat-obatan, tapi ada juga beberapa perubahan gaya hidup sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meringkankannya.

Liputan6.com, Jakarta - Asam lambung atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD) dipicu oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan dan menyebabkan sensi terbakar di area dada.

Tentu saja asam lambung bisa diobati dengan obat-obatan, tapi ada juga beberapa perubahan gaya hidup sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meringkankan dan bahkan mencegah asam lambung. 

Berikut beberapa cara alami yang bisa meredakan asam lambung dengan cepat, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (18/2/2022).

  

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Makan pisang matang

Selain meningkatkan kadar gula darah dan membantumu menjaga berat badan terkendali, pisang bisa menawarkan bantuan cepat dari sakit maag yang menyakitkan. 

Karena tinggi potassium, pisang bisa melapisi lapisan perut dan membantu meringankan dan mencegah gejala asam lambung. 

Namun, pastikan untuk memakan pisang yang sudah matang, karena jika belum matang justru bisa memicu sakit di bagian perut.

3 dari 6 halaman

2. Kenakan pakaian yang longgar

Jika Anda mengalami sakit maag, lebih baik hindari menggenakan pakaian ketat dan pilih yang lebih longgar dan nyaman. 

Semua jenis pakaian yang menekan perut dan area perut bisa memperburuk gejala asam lambung. Dan bahkan jika Anda belum pernah mengalami sensasi terbakar di dada Anda sebelumnya, Anda tetap berisiko mengalaminya jika Anda mengenakan pakaian ketat setiap hari.

 

4 dari 6 halaman

3. Sesuaikan posisi tidur

Tiap individu memiliki posisi tidur yang berbeda, tapi jika Anda rentan terhadap asam lambung, Anda perlu mengubah beberapa kebiasaan demi kesehatanmu. 

Jika Anda terbiasa tidur miring ke kanan, itu salah satu penyebab Anda mengalami sakit maag yang mengganggu.

Tidur di sisi kananmu bisa melemaskan otot yang menghubungkan perut dan kerongkongan dan seharusnya bertahan melawan refluks. Jadi, cobalah untuk tidur miring ke kiri, karena posisi ini telah terbukti mengurangi asam lambung.

 

5 dari 6 halaman

4. Kunyah permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet membuat napasmu segar lebih lama dan bahkan bisa meningkatkan daya ingatmu. Selain manfaat tersebut, juga bisa menetralkan asam di perutmu dan mencegah rasa panas pada refluks. 

Karena mengunyah permen karet meningkatkan produksi air liur dan menyebabkanmu menelan lebih banyak, permen karet menyeimbangkan keasaman di mulutmu dan membantunya dibersihkan lebih cepat.

 

6 dari 6 halaman

5. Tahan keinginan untuk makan dengan cepat

Saat Anda lapar, sangat wajar jika Anda ingin makan sesuatu sesegera mungkin, tapi makan terburu-buru justru bisa memicu asam lambung.

Orang-orang yang makan dengan cepat lebih mungkin mengalami refluks. Jadi, lebih baik memberi dirimu cukup waktu untuk mengunyah dan menelan makanan dengan benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.