Sukses

6 Kesalahan Saat Mandi yang Bisa Merusak Rambut

Ternyata, ada beberapa kesalahan yang tidak Anda sadari yang bisa merusak rambut saat mandi.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi menjadi rutinitas wajib yang dilakukan setiap individu. Meski mandi menjadi cara yang baik untuk memulai hari atau menghilangkan stres di malam hari, namun tahukah Anda jika mandi bisa merusak rambut jika Anda tidak melakukannya dengan cara yang benar.

Ternyata, ada beberapa kesalahan yang tidak Anda sadari yang bisa merusak rambut saat mandi. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (18/2/2022).

1. Tidak menyisir rambut sebelum keramas

Anda tentu terbiasa menyisir rambut setelah keramas, tapi melakukannya sebelum mandi sebenarnya bisa membantu rambutmu tetap bebas kusut lebih lama. 

Setelah keramas, lebih baik Anda mengeringkan rambut dengan handuk secara lembut daripada menggosoknya, yang bisa menyebabkan lebih banyak rambut kusut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Keramas setiap kali mandi

Jika Anda menginginkan rambut yang sehat dan bervolume, maka hindari keramas setiap kali Anda mandi di pagi hari. 

Menang tidak diragukan lagi sampomu sangat bagus untuk menghilangkan kotoran dan penumpukan produk, tapi bila digunakan terlalu sering, sampo juga bisa menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit kepalamu untuk menjaga rambutmu berkilau dan terhidrasi. 

Kebanyakan individu perlu keramas tidak lebih dari dua hari sekali, dan jika rambutmu keriting, keramas seminggu sekali sudah cukup menjaganya untuk tetap bersih.

 

3 dari 6 halaman

3. Menggosok kulit kepala dengan kuku

Kulit di kulit kepalamu halus dan rentan terhadap pencucian yang kasar, dan menggaruknya dengan kukumu bisa mengiritasinya dan bahkan menyebabkan peradangan. 

Lebih baik pijat kulit kepalamu dengan lembut menggunakan ujung jarimu selama sekitar 3 menit dan hindari gerakan maju mundur yang keras untuk mencegah kusut.

 

4 dari 6 halaman

4. Tidak membilasnya dengan baik

Jika Anda secara tidak sengaja meninggalkan sampo atau kondisioner di rambutmu, pada akhirnya bisa menyebabkan penumpukan kulit kepala dan pori-pori tersumbat. Pastikan untuk menghabiskan 1-2 menit membilas rambutmu.

 

5 dari 6 halaman

5. Tidak menggunakan shower cap

 

Saat mandi, Anda mungkin ingin mencuci rambut juga. Tapi kermas setiap kali Anda mandi sebenarnya bisa mengiritasi dan mengeringkan kulit kepalamu. 

Mengenakan shower cap atau topi mandi akan membantumu menjaga rambut tetap kering dan membersihkan tubuh tanpa membuat helai rambutmu basah.

 

6 dari 6 halaman

6. Air terlalu panas

Mandi air panas tentu sangat menenangkan, tapi jika air terlalu panas, itu bisa menyebabkan kerusakan serius pada rambutmu. 

Sama seperti pengering rambut dan alat penata rambut yang bisa mengeringkan rambutmu, air panas bisa membuatnya terlihat kusam dan tidak bernyawa.

Mencuci rambut dengan air panas juga akan merusak lapisan lipid pelindung alami di kulit kepala, menyebabkannya menjadi gatal dan merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini