Sukses

Hilangkan Stres Hingga Bikin Awet Muda, 5 Keuntungan Memiliki Anjing Peliharaan

Berikut deretan keuntungan yang bisa didapat jika memelihara anjing.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini tak sedikit orang yang memutuskan untuk memelihara anjing sebagai hewan peliharaan mereka. Bagi para pemilik anjing, memiliki anjing sebagai teman mereka memberikan banyak manfaat. 

Faktanya, memang banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memiliki seekor anjing sangat bermanfaat bagi kesejahteraan, penampilan, dan harapan hidup.

Sebuah penelitian bahkan menulis bahwa memelihara anjing dapat membuat umur lebih panjang. Dilansir dari Brightside, berikut deretan keuntungan yang bisa didapat jika memelihara anjing. 

1. Dapat Membuat Anda Terlihat Awet Muda

Memiliki seekor anjing dapat membuat Anda lebih sehat dan bugar, tetapi para peneliti telah menemukan cara lain untuk mengukur dampak positif mengadopsi seekor anjing terhadap kehidupan seseorang. Mereka menemukan bahwa orang yang berusia di atas 65 tahun yang memiliki anjing bertindak 10 tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Menurut statistik, pemilik anjing yang mengajak anjingnya jalan-jalan secara teratur sepertiga lebih kecil kemungkinannya untuk menderita diabetes. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa jika anak-anak dari keluarga yang tidak hidup dengan anjing peliharaan sejak lahir, mereka cenderung mengalami eksim dan asma.

3 dari 5 halaman

3. Dapat Membuat Tubuh Tetap Bugar

Satu penelitian menunjukkan bahwa memiliki anjing membuat seseorang berjalan 22 menit lebih banyak per hari, sedangkan penelitian lain menemukan bahwa peluang pemilik anjing mencapai tujuan kebugaran mereka lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki anjing.

4 dari 5 halaman

4. Dapat Menurunkan Tingkat Stres Anda

Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu Anda melawan stres sehari-hari dan meningkatkan suasana hati pemiliknya. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa menyentuh, membelai, atau memeluk hewan dapat dengan cepat menenangkan Anda jika Anda merasa cemas atau stres.

5 dari 5 halaman

5. Dapat Memperlama Harapan Hidup Anda

Studi menunjukkan bahwa pemilik anjing rata-rata hidup lebih lama daripada orang yang tak memiliki anjing. Apalagi jika mereka hidup sendiri, mereka seringkali pulih lebih cepat dari krisis kesehatan yang serius, seperti serangan jantung atau stroke, berkat teman berkaki 4 mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.