Sukses

Para Ibu, Mengolah Daging Ayam Seperti Ini Bisa Membuat Keluarga Keracunan Makanan

Liputan6.com, Jakarta Ayam biasanya merupakan pilihan daging yang mudah diolah bagi ibu rumah tangga di seluruh negeri. Namun, meskipun tak sulit diolah dan tak semahal daging sapi, daging ayam bisa datang dengan bahaya kesehatan yang lebih langsung daripada daging sapi.

Faktanya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa Anda bisa sakit jika makan sesuatu yang terkontaminasi oleh ayam mentah. Bahkan menurut sebuah survei, banyak orang melakukan sesuatu yang dapat memperburuk kemungkinan keracunan makanan dalam hal mengolah daging ayam. Hal tersebut yakni mencuci daging ayam mentah.

Jangan pernah mencuci ayam mentah

Anda mungkin pernah melihat ibu Anda melakukannya saat membuat ayam gorengnya yang terkenal, tetapi mencuci daging unggas sebelum Anda memasaknya adalah praktik yang sudah ketinggalan zaman dan cukup berbahaya. Sebab ayam mentah sering terkontaminasi Salmonella, Campylobacter, dan bakteri berbahaya lainnya yang mati saat Anda memanaskannya.

Campylobacter adalah "penyebab bakteri paling umum dari penyakit diare di Amerika Serikat," menurut CDC, sementara Salmonella menyebabkan lebih banyak penyakit bawaan makanan daripada bakteri lainnya. Layanan Kesehatan Nasional (NHS) di Inggris melaporkan bahwa penelitian terbaru menemukan lebih dari 50 persen ayam yang dijual di Inggris mengandung Campylobacter, dan menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), satu dari setiap 25 paket ayam di toko kelontong di AS terkontaminasi Salmonella.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

Mencuci daging unggas mentah berarti menyebarkan kumannya

Saat Anda mencuci daging unggas mentah, sepertinya Anda membilas semua kuman ini, tetapi sebenarnya memiliki efek sebaliknya. Air dapat menyebarkan bakteri ke tangan Anda, permukaan di sekitar dapur, dan makanan lain di meja Anda.

"Tetesan air dapat bergerak lebih dari 50 cm ke segala arah," lapor NHS. "Hanya beberapa sel campylobacter yang diperlukan untuk menyebabkan keracunan makanan."

 

3 dari 5 halaman

Bakteri berbahaya ini bisa tinggal di wastafel Anda

Tidak hanya tetesan air yang mengandung bakteri dapat terciprat ke dapur, tetapi apa pun yang Anda cuci dari ayam Anda dapat tetap berada di wastafel—bahkan setelah Anda membersihkannya. Sebuah studi tahun 2019 dari Departemen Pertanian AS (USDA) menemukan bahwa dari peserta yang mencuci unggas mentah mereka, 60 persen memiliki bakteri di wastafel mereka setelah membilas ayam (atau kalkun).

"Yang lebih memprihatinkan adalah bahwa 14 persen masih memiliki bakteri di wastafel mereka setelah mereka berusaha membersihkan wastafel," studi tersebut menemukan.

 

4 dari 5 halaman

Masih banyak orang mencuci daging ayam mentah

Meskipun demikian, banyak orang masih mencuci ayam mentah mereka sebelum dimasak. Dalam survei konsumen baru-baru ini yang dilakukan oleh Dewan Informasi Keamanan Pangan dan Federasi Daging Ayam Australia, ditemukan bahwa 49 persen orang Australia melakukan dosa kuliner ini.

 

5 dari 5 halaman

Tips-tips lainnya untuk mencegah keracunan makanan

Tidak mencuci daging ayam bukan satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko keracunan makanan. Pencegahannya bisa dimulai di toko bahan makanan, di mana CDC merekomendasikan untuk memasukkan daging ayam Anda ke dalam kantong sekali pakai sehingga tetesan airnya tidak masuk ke makanan lain. Itu harus tetap berada di dalam kantong plastik di lemari es Anda sampai Anda siap memasaknya.

Selain itu, merupakan ide yang baik untuk mengolah daging unggas terakhir, dan jangan biarkan makanan lain menyentuh piring atau area persiapan yang sama dengan ayam. Selalu gunakan talenan terpisah untuk ayam dan cucilah serta peralatan lain yang Anda gunakan dengan air panas dan sabun sebelum melanjutkan ke item berikutnya

Tentu saja Anda tak boleh lupa mencuci tangan Anda setelahnya. Terakhir, bersihkan area tempat mengolah daging ayam sebagai langkah pencegahan dapat memastikan bahwa semua bakteri telah hilang.