Sukses

4 Alasan Mengapa Penting Bagi Anda Memiliki Resolusi di Tahun yang Baru

Berikut ini deretan alasan mengapa penting bagi Anda untuk memiliki resolusi tahun baru.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang akan membuat resolusi tahun baru, namun sebagian besar juga akan gagal untuk mencapainya. Tetapi membuat resolusi tetap merupakan ide yang bagus dengan banyak efek positif.

Data dari YouGovAmerica menunjukkan sekitar seperempat orang Amerika akan membuat resolusi tahun baru, dan kebanyakan orang berpikir mereka akan mencapainya bahkan 20%. Kebanyakan orang optimis, dengan 86% mengharapkan 2022 sama atau lebih baik dari 2021. Dan semakin muda orang, semakin optimis mereka tentang masa depan.

Resolusi Tahun Baru yang paling populer adalah tentang perbaikan diri (hidup lebih sehat 23% orang, menjadi bahagia 21%, menurunkan berat badan 20%, berolahraga 7%, berhenti merokok 5%, mengurangi minum 2%). Selain itu, orang memutuskan untuk memenuhi tujuan karier atau pekerjaan (16%) dan meningkatkan hubungan mereka (11%).

Terlepas dari rencana besar mereka, hanya 8% orang yang akan mencapai resolusi Tahun Baru mereka. Demikian menurut sebuah studi oleh University of Scranton. Dilansir dari Forbes, berikut ini deretan alasan mengapa penting bagi Anda untuk memiliki resolusi tahun baru.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Miliki Tujuan

Jujur dengan diri sendiri tentang kondisi Anda saat ini dan jarak ke situasi pilihan Anda adalah kunci untuk perbaikan diri. Dan menjadi sadar tentang bagaimana Anda ingin tumbuh dan berkembang akan membantu Anda mencapai hasilnya. Kesengajaan ini juga akan berkontribusi pada kebahagiaan dan kepuasan Anda. Ketika Anda bergerak maju dengan arah yang jelas, Anda memberikan kontribusi positif bagi kesehatan emosional dan mental Anda.

3 dari 5 halaman

Miliki Harapan

Membuat resolusi tahun baru pada dasarnya penuh harapan dan optimis. Anda mengharapkan segala sesuatunya bisa menjadi lebih baik untuk Anda, seperti pengalaman kerja Anda atau untuk komunitas Anda. 

Pandangan positif tentang masa depan ini, pada gilirannya, cenderung memotivasi tindakan. Jika Anda tidak yakin hari esok bisa lebih baik, Anda tidak mungkin mengambil langkah untuk meningkatkan diri atau komunitas Anda. Jadi optimisme bermanfaat ganda berkontribusi pada kesehatan mental Anda sendiri, tetapi juga melibatkan Anda ke arah tindakan positif yang berdampak pada orang-orang di sekitar Anda.

4 dari 5 halaman

Miliki Tanggung Jawab

Sebagian besar resolusi tahun baru berdampak pada orang lain. Bahkan jika itu tentang peningkatan diri individu, mereka memengaruhi keluarga, teman, kolega, dan komunitas. 

Resolusi Anda untuk menjadi sehat akan membuat Anda bertahan hidup lebih lama untuk keluarga dan teman-teman Anda. Resolusi Anda untuk berhenti menunda-nunda akan berkontribusi pada dinamika tim yang positif dengan rekan kerja Anda. 

Dan rencana Anda untuk melakukan lebih banyak pekerjaan sukarela di kebun komunitas akan membantu memberi makan orang-orang di tempat Anda. Resolusi tahun baru adalah cara yang bagus untuk fokus pada diri sendiri, tetapi juga untuk mempertimbangkan tanggung jawab Anda yang lebih luas dan untuk memperluas dan melipatgandakan efek positif Anda pada orang lain.

5 dari 5 halaman

Menginspirasi

Ketika Anda berusaha menjadi lebih baik, berbuat lebih baik atau berkontribusi lebih penuh, Anda cenderung menginspirasi orang lain juga. Cara utama orang belajar adalah melalui pengalaman perilaku orang lain. Bahkan jika mereka tidak secara sadar menyadarinya, orang-orang menangkap pilihan dan petunjuk dari orang lain terus-menerus. Ketika Anda fokus pada masa depan dan fokus pada peningkatan diri, Anda tentu menginspirasi orang-orang di sekitar Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.