Sukses

Mulai Mewabah di Indonesia, Seberapa Bahaya Varian Omicron?

Banyak orang bertanya-tanya seberapa bahayakah varian Omicron ini?

Liputan6.com, Jakarta Sebulan setelah kasus pertama varian Covid-19, Omicron, secara resmi terdeteksi di Afrika Selatan banyak individu bertanya-tanya seberapa bahayakah virus ini? Saat ini banyak dokter dan ahli yang masih terus meneliti virus Covid-19 varian Omicron. 

Dilansir Thethaiger, Senin (20/12/2021), ada banyak dokter yang mengatakan bahwa varian baru tampaknya menghasilkan gejala yang lebih ringan daripada varian sebelumnya, seperti yang sering terjadi pada virus ini. 

Tetapi mereka juga mengingatkan bahwa banyak dari komentar awal ini dapat dikaitkan dengan tingkat vaksinasi yang tinggi dan bukan kematian varian yang sebenarnya.

Ini juga terlihat di Inggris, misalnya, di mana Omicron sekarang membentuk proporsi infeksi harian baru yang tinggi, dan jumlah kasus meroket, tetapi tingkat kematian dan rawat inap, sejauh ini, tetap rendah. 

Kemarin Inggris melaporkan 90.418 infeksi C-19 baru, bahkan mengalahkan AS, di mana infeksi baru setiap hari juga meningkat, dengan 85.924 (worldometers.info).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Dianalisis

Michelle Groome dari Institut Nasional untuk Penyakit Menular di Afrika Selatan mengatakan telah terjadi peningkatan rawat inap dan kematian akibat Covid tetapi tingkatnya jauh lebih rendah daripada periode dasar antara gelombang kedua dan ketiga (sekitar Maret hingga Mei tahun ini).

Data awal juga menunjukkan varian Omicron mungkin lebih menular daripada varian Delta Covid tetapi cenderung menyebabkan penyakit parah, tetapi para ilmuwan dan WHO masih mendesak untuk berhati-hati dengan temuan awal ini karena varian Omicron masih baru dan banyak orang yang terinfeksi baru sekarang mulai menunjukkan gejala, apalagi mereka dilaporkan, ditabulasi dan dianalisis datanya.

Reuters melaporkan bahwa di Afrika Selatan, Inggris dan Denmark, jumlah infeksi varian Omicron baru kira-kira dua kali lipat setiap 2 hari. Jadi, para ilmuwan memperingatkan, bahkan jika itu kurang mematikan, atau jika tingkat vaksinasi yang tinggi di beberapa negara membatasi gejala yang lebih parah, penularan yang tinggi adalah bahaya yang jelas dan nyata.

Penelitian awal juga menunjukkan bahwa 2 dosis vaksin saat ini telah sangat membantu sebagai perlindungan terhadap Omicron.

3 dari 3 halaman

Gejala Omicron

Beberapa data dari Inggris melaporkan bahwa gejala seperti pilek lebih sering terjadi pada orang yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron.

Zoe Covid Study melacak gejala yang direkam dari peserta menggunakan aplikasi, melaporkan bahwa 5 gejala teratas untuk Omicron adalah pilek, sakit kepala, kelelahan, bersin dan sakit tenggorokan.

Menurut angka yang dicatat, total saat ini rata-rata ada 87.131 kasus gejala harian baru Covid di Inggris, berdasarkan data tes PCR dan LFT hingga lima hari yang lalu.

Peningkatan 4% dari 83.658 kasus harian baru minggu lalu. Pada populasi yang divaksinasi (setidaknya dua dosis) saat ini ada 27.000 kasus simtomatik harian baru di Inggris. Peningkatan 6% dari 25.411 kasus harian baru minggu lalu.

Pada catatan yang sama, Dr. Angelique Coetzee, Ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, dan dokter pertama yang mendeteksi varian Omicron, mengatakan bahwa kelelahan adalah salah satu gejala paling umum yang diamati, bersama dengan sakit kepala, nyeri tubuh, dan tenggorokan gatal .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    Omicron Covid

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Adalah