Sukses

5 Cara Meningkatkan Energi dalam Tubuh Secara Alami

Berikut beberapa tips sehat untuk menjaga tingkat energi dalam tubuh tetap tinggi sepanjang hari,

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memiliki lebih banyak energi, tiap individu memiliki caranya masing-masing. Ada yang minum banyak kopi, ada pula yang mengonsumsi suplemen. Namun, cara ini belum tentu berhasil. 

Cara terbaik agar tetap berenergi yakni dengan cara paling alami yang Anda bisa. Ada banyak cara sehat untuk membuat dirimu terstimulasi ketika Anda merasa lelah. Bahkan, membuat perubahan kecil dalam rutinitas harianmu bisa membuat perbedaan terbesar dalam hidupmu.

Nah, berikut beberapa tips sehat untuk menjaga tingkat energi dalam tubuh tetap tinggi sepanjang hari, seperti melansir dari Bright Side, Senin (20/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tidur siang

Bagi sebagian individu, tidur siang sangat membantu untuk meningkatkan kinerja. Tidur siang singkat selama 20-30 menit bisa membantumu memulihkan tenaga. 

Jika Anda benar-benar ingin mengatur waktu dengan tepat, tidur siang selama 26 menit sangat ideal untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Meskipun menggoda, Anda perlu menghindari tidur siang yang berlebih karena bisa mengurangi jumlah tidur yang Anda dapatkan di malam hari, yang nantinya akan membuat energimu terkuras untuk menjalani keesokan hari.  

 

3 dari 6 halaman

2. Batasi kafein

Meski kafein diketahui bisa memberimu lebih banyak energi, penting untuk membatasi jumlah yang Anda konsumsi sepanjang hari karena bisa bisa membuatmu kurang berenergi. 

Selain itu, juga bisa meningkatkan stres dan membuatmu merasa cemas. Jumlah optimal kafein yang harus Anda miliki hingga 40 miligram.

4 dari 6 halaman

3. Tetap terhidrasi

Minumlah delapan gelas air setiap hari untuk tetap berenergi karena pikiranmu sangat dipengaruhi oleh status hidrasimu. Bahkan, dehidrasi minimal bisa menurunkan bagian dari fungsi otakmu. 

Ini bisa mengurangi suasana hati, memori dan konsentrasimu. Juga bisa meningkatkan sakit kepala dan kelelahan.

5 dari 6 halaman

4. Makan lebih banyak protein

Makan protein mengisi tingkat energimu dan memainkan peran penting dalam membawa oksigen melalui tubuhmu dalam aliran darahmu. 

Yang terbaik adalah menghindari permen dan karbohidrat saat Anda menginginkan sesuatu untuk dimakan, karena meski mereka bisa memuaskanmu pada saat itu, Anda malah merasa tidak enak setelahnya.

Sebagai gantinya, cobalah untuk mengemil makanan yang memiliki protein dan lemak seperti sayuran, yogurt dengan buah atau selai kacang dan biskuit untuk meningkatkan tingkat energimu.

6 dari 6 halaman

5. Berolahraga, sebaiknya di luar ruangan

Berolahraga di luar ruangan daripada di dalam ruangan bisa meningkatkan energi, mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kewaspadaan. Ini juga memiliki dampak baik secara umum pada emosimu, seperti antusiasme dan penurunan kemarahan. 

Selain manfaat tersebut, Anda juga bisa mendapatkan beberapa vitamin D dari matahari yang bisa meningkatkan endorphin yang mengangkat suasana hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.