Sukses

Dalam Sakitnya, Kakek 71 Tahun Raih Gelar Doktor Setelah Kuliah Selama 6 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Menempuh pendidikan merupakan elemen terpenting yang harus dinomorsatukan. Tak peduli usia dan jenis kelamin, setiap manusia wajib menempuh pendidikan.

Di masa pandemi seperti ini, memang bidang pendidikan banyak mengalami kendala dari segi sistem pembelajaran maupun sarana dan prasarana. 

Namun, banyaknya rintangan yang ada yang menghalangi tekad pria yang satu ini untuk tetap memperoleh gelar doktornya, meski usianya terbilang renta.

Ya, dia adalah Dr Abdul Rahim Ramli yang sukses menyelesaikan studinya selama 6 tahun dalam memperoleh gelar doktor dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM) di Skudai, Johor. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sebagai penderita diabetes dan hipertensi

Seperti kata pepatah bila ada kemauan, pasti ada jalan. Dan ya, pepatah itu berhasil dibuktikannya. 

Didiagnosis menderita penyakit diabetes dan hipertensi, tak membuatnya patah semangat. Pada awalnya, dia mengaku memang sangat menantang dan berat.

"Benar-benar menantang karena penelitian saya harus melibatkan kerja lapangan, dan saya harus mengalokasikan waktu saya untuk pekerjaan dan penelitian saya,” jelasnya.

 

 

3 dari 5 halaman

Mendapat dukungan dari keluarga

Kesuksesan ini tak terlepas dari dukungan keluarganya. Prof. Ir. Dr Sharul Kamal Abdul Rahim, putranya yang juga merupakan staf pengajar di UTM selalu memberikan dukungan moral selama perjalanannya meraih gelar PhD.

Rupanya, di tengah kesibukan ia juga sempat bekerja sebagai dosen paruh di univeristas politeknik waktu hingga 2019 usai pensiun sejak 2006. 

 

4 dari 5 halaman

Motivasinya

Melansir dari Bernama, motivasi ayah dari tiga anak berangkat dari rekan-rekannya yang sudah lebih dulu memperoleh gelar PhD dan profesor.

Untungnya, waktu 6 tahun yang diluangkannya terbayarkan berubah jadi kebanggaan pada Pertemuan ke-64 UTM pada Sabtu (11/12/2021).

Dan dia merupakan lulusan tertua di UTM.

 

5 dari 5 halaman

Pesannya untuk generasi muda

Tak lupa kakek dari 9 cucu ini turut membagikan pesan bagi kaum muda untuk tidak menyia-nyiakan waktu mereka dan selalu haus untuk menantang diri mereka sendiri keluar dari zona nyaman.