Sukses

Ini 5 Gejala Anda Terinfeksi Covid-19 Varian Omicron

Berikut ini beberapa gejala Anda telah terinfeksi Covid-19 varian Omicron

Liputan6.com, Jakarta - Aspek paling berbahaya dari infeksi virus adalah tingkat keparahannya. Terkait COVID-19, varian Delta telah mendatangkan malapetaka di seluruh dunia. Tidak hanya sangat menular, ini juga memicu gejala ringan, sedang, hingga berat. Mulai dari demam tinggi, batuk terus-menerus hingga sesak napas, nyeri dada, dan kadar oksigen dalam darah yang rendah.

Kini, dengan munculnya varian COVID-19 Omicron, beberapa perubahan tingkat keparahan, penularan, dan gejalanya telah dicatat oleh para ahli. Hingga saat ini, kasus Omicron di seluruh dunia tergolong 'ringan'.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan bahwa varian terbaru dari COVID-19 ini dapat dengan mudah menginfeksi mereka yang telah tertular virus lebih awal atau telah divaksinasi sepenuhnya. Namun, badan kesehatan global itu juga menyatakan bahwa penyakitnya akan lebih ringan dibandingkan varian Delta.

Berbeda dengan gejala dari varian sebelumnya, varian Omicron diyakini tidak menunjukkan tanda-tanda hilangnya penciuman dan/atau perasa. Selain itu, berikut gejala dan tanda tertentu dari infeksi COVID-19 varian Omicron yang patut diketahui. Dihimpun dari berbagai sumber, ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kelelahan

Mirip dengan varian sebelumnya, Omicron dapat menyebabkan kelelahan ekstrem. Seseorang mungkin merasa lelah, mengalami energi yang rendah dan mungkin memiliki keinginan yang kuat untuk beristirahat, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kelelahan mungkin timbul dari alasan lain dan masalah kesehatan juga. Pastikan Anda melakukan tes untuk memastikan kondisi Anda.

 

3 dari 6 halaman

2. Tenggorokan 'gatal'

Menurut dokter Afrika Selatan, Angelique Coetzee, individu yang terinfeksi Omicron mengeluhkan tenggorokan "gatal" daripada sakit tenggorokan, yang tidak biasa. Sementara keduanya mungkin mirip sampai batas tertentu, yang pertama mungkin lebih berkorelasi dengan iritasi tenggorokan sementara yang terakhir lebih menyakitkan.

 

4 dari 6 halaman

3. Demam ringan yang hilang dengan sendirinya

Sejak awal virus corona baru, demam ringan hingga sedang adalah salah satu tanda COVID-19. Tetapi sementara demam dari jenis sebelumnya memiliki efek yang bertahan lama pada pasien, varian saat ini menginduksi suhu tubuh ringan yang menjadi lebih baik dengan sendirinya. Demikian menurut Dr. Coetzee.

 

5 dari 6 halaman

4. Keringat malam dan badan pegal

Dalam pembaruan lain oleh Departemen Kesehatan Afrika Selatan, dokter umum Unben Pillay mencatat gejala yang dialami pasien.

Dia menyarankan bahwa keringat malam bisa menjadi gejala varian Omicron baru yang mungkin muncul di malam hari. Keringat malam terjadi ketika Anda berkeringat sangat banyak sehingga pakaian dan tempat tidur Anda menjadi basah bahkan jika Anda berbaring di tempat yang sejuk.

Hal ini, menurut dokter, dapat disertai dengan gejala lain termasuk "banyak nyeri di tubuh".

 

6 dari 6 halaman

5. Batuk kering

Selain itu, dokter menyarankan bahwa batuk kering juga dapat muncul pada orang yang menderita Omicron. Itu adalah salah satu gejala yang paling umum di strain sebelumnya juga. Batuk kering adalah saat Anda mengeluarkan suara retas untuk menghilangkan iritasi di tenggorokan saluran udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.