Sukses

Jangan Biarkan Berlarut-Larut, 6 Cara Sederhana Mengatasi Kecemasan

Jika Anda memiliki kecemasan yang tidak teratur dan mengganggu Anda dalam berbagai aktivitas, ada beberapa solusi cepat untuk mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Merasa cemas atau anxiety saat berada di situasi yang menimbulkan khawatir dan takut tentu lumrah dialami setiap individu.

Kecemasan adalah respons alami yang dari tubuh ketika seseorang sedang stres. Namun, jika perasaan cemas itu berlebihan, dapat bertahan lebih dari enam bulan dan mengganggu hidupmu, mungkin Anda mengalami cemas berlebihan dan perlu diwaspadai.

Jika Anda memiliki anxiety yang tidak teratur dan mengganggu Anda dalam berbagai aktivitas, ada beberapa solusi cepat untuk mengatasinya.

Jika Anda merasa kecemasanmu dipicu peristiwa yang akan datang atau situasi yang telah berakhir, Anda bisa melakukan beberapa cara ini untuk membantumu menenangkan dan mengatasi masalah kecemasanmu. 

Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari India Times, Jumat (3/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Aromaterapi untuk relaksasi

Aromaterapi diklaim mampu mengaktifkan reseptor tertentu di otakmu, yang berpotensi mengurangi kecemasan.

Baik dalam bentuk minyak, dupa atau lilin, aroma terapi seperti lavender, chamomile dan cendana bisa sangat menenangkan. 

Ternyata, memiliki ruangan dengan aroma terapi yang tersebar di mana-mana bisa membantu menenangkan kecemasanmu.   

3 dari 7 halaman

2. Berjalan atau yoga

Terkadang, yang terbaik untuk menghentikan pikiran cemas adalah dengan menjauh dari situasi tersebut. Meluangkan waktu untuk fokus pada tubuhmu dan bukan pikiranmu bisa membantu kecemasan.

4 dari 7 halaman

3. Tuliskan semuanya, pemikiran dan masalahmu

Menulis menjadi salah satu terapi yang bisa membantu mengatasi kecemasan. Jadi, apa yang membuatmu cemas coba dikeluarkan melalui tulisan agar membuatnya tidak terlalu menakutkan. 

Trik relaksasi ini sangat membantu bagi mereka yang mengalami kecemasan secara sporadis. Namun, jika Anda merasa memiliki masalah kecemasan yang tidak dapat Anda atasi, maka Anda harus menggunakan strategi jangka panjang untuk membantu mengurangi keparahan gejala dan mencegahnya terjadi lebih lanjut.

5 dari 7 halaman

4. Meditasi

Meditasi membutuhkan beberapa latihan agar berhasil. Namun, bila dilakukan secara teratur pada akhirnya akan membantumu menghilangkan pikiran cemas kapanpun Anda merasakannya. 

Namun, jika Anda tidak nyaman duduk, cobalah mulai dengan yoga.

6 dari 7 halaman

5. Jaga kesehatan pikiran dan tubuh

Berolahraga secara teratur, makan makanan seimbang, cukup tidur dan tetap terhubung dengan orang-orang yang peduli denganmu dan kesehatanmu juga menjadi cara yang baik untuk meredakan gejala kecemasanmu.

7 dari 7 halaman

6. Perubahan pola makan dan gaya hidup

Mengubah pola makanmu menjadi salah satu aspek yang bisa membantumu bekerja lebih baik dengan masalah kecemasan. 

Suplemen merupakan strategi jangka panjang yang sangat diandalkan. Penelitian menunjukkan suplemen atau nutrisi tertentu bisa membantu mengurangi kecemasan.

Anda juga bisa mengonsumsi teh hijau dan cokelat dengan jumlah yang tepat untuk membantu mengatasi kecemasanmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.