Sukses

Kenali 8 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Tahukan Anda jika kekurangan vitamin bisa menimbulkan gejala dan masalah kesehatan pada tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Asupan nutrisi seperti vitamin tentu sangat dibutuhkan tubuh. Vitamin bisa didapat dari asupan makanan dan suplemen.

Namun, tahukan Anda jika kekurangan vitamin bisa menimbulkan gejala dan masalah kesehatan pada tubuh.

Berikut tanda-tanda yang terjadi pada tubuh yang menunjukkan bahwa Anda kekurangan vitamin, seperti melansir dari India Times, Selasa (30/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Rambut dan kuku rapuh

 

Meski ada beberapa alasan mengapa kuku dan rambut apu, salah satu alasan utamanya adalah kekurangan biotin. Juga dikenal sebagai vitamin B7, yang sangat penting untuk membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. 

 

 

 

3 dari 9 halaman

2. Rambut rontok parah

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh kurangnya variasi atau kombinasi vitamin, seperti zat besi, seng, asam linoleate (LA) dan asam alfa-linolenat (ALA), niasin (vitamin B3) dan biontin (vitamin B7).

4 dari 9 halaman

3. Kulit kering bersisik

Meski tidak apa-apa memiliki kulit kering dan bersisik, tapi kondisi itu apalagi jika lebih kering dari biasanya bisa disebabkan oleh kurangnya minyak esensial dalam makananmu. 

Memperkaya dietmu dengan asaam lemak, seperti omega-3 bisa membantu melembabkan kulitmu dari dalam dan mencegah racun.

5 dari 9 halaman

4. Kuning di bagian putih matamu

Memiliki sedikit kuning di mata atau tubuhmu sering menjadi indikasi penyakit kuning. Namun, terkadang itu bisa menjadi indikasi kekurangan vitamin B12. 

Anda bisa mendapatkan cukup melalui sumber makanan alami, seperti susu, ayam dan tuna.

6 dari 9 halaman

5. Bibir pecah-pecah atau sakit parah

 

Bibir pecah-pecah atau bibir yang sakit bisa megindikasi kekurangan riboflavin. Bahkan, cenderung menyebabkan kekeringan di dalam dan di luar mulutmu.

7 dari 9 halaman

6. Luka yang lambat sembuh

Vitamin C tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuhmu dan agen anti-inflamasi yang mencegah kerusakan sel-selmu, tapi juga bertindak untuk membuat lukamu lebih cepat sembuh.

8 dari 9 halaman

7. Kram

Jika Anda sering kram, Anda mengalami masalah magnesium atau kalium. Bisa jadi karena keringat berlebih sepanjang hari atau saat Anda berolahraga.

 

9 dari 9 halaman

8. Gusi berdarah

Gusi berdarah bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Vitamin C membantu dalam penyembuhan luka dan membangun kekebalan dan kekurangannya bisa menyebabkan pendarahan gusi dan kehilangan gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.