Sukses

Ingat 3 Hal Ini Sebelum Terlalu Percaya Pada Orang Lain

Terlalu mudah percaya pada orang lain bisa membuatmu sakit hati.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk salah satu orang yang mudah percaya dengan orang lain? Sebagian dari kita sering kali menceritakan diri kita secara detail kepada orang yang tidak begitu dekat dengan kita dan tidak lama kemudian kita menyesalinya. 

Jika Anda terlalu sering mudah percaya dengan orang lain, seringkali membuatmu berada dalam sebuah masalah. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menaruh kepercayaan kepada orang lain, seperti melansir dari Pinkvilla, Kamis (11/11/21).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membuat Anda patah hati

Ketika Anda terlalu percaya pada orang lain kemungkinan Anda akan merasa sakit karena kita tidak pernah tahu apa yang dipikiran orang lain terhadap kita. Penting untuk memahami hal mana yang perlu Anda rahasiakan dan hal mana yang bisa Anda sampaikan kepada orang lain. 

Memberikan kepercayaan pada orang lain tidak ada salahnya, tetapi jangan terlalu berlebihan. Menceritakan rahasia dan kelemahan Anda pada orang lain bisa membuat orang lain memanfaatkan kelemahan tersebut. 

3 dari 4 halaman

2. Kelemahan

Terlalu percaya adalah kelemahan bagi orang yang terlalu baik hati. Jika Anda terlalu baik pada seseorang, Anda tidak bisa mengharapkan orang lain akan melakukan hal yang sama kepadamu. 

Ketika kita menceritakan diri kita terlalu banyak pada orang yang tidak kita kenal, mereka bisa saja menggunakan pembicaraan Anda untuk keuntungan mereka sendiri. Misalnya, membicarakan pembicaraan tersebut di belakang kita. Jadi, pilihlah lingkungan yang baik untuk Anda percayai.

4 dari 4 halaman

3. Jangan terlalu terbuka dengan semua orang

Akan ada banyak orang yang bisa berpura-pura menjadi teman di depanmu dan hanya sedikit yang akan menjadi teman sejatimu.

Jika Anda terlalu mudah terbuka dengan orang lain, jangan berharap semua orang akan berempati terhadapmu. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.