Sukses

4 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Ternyata Bisa Menambah Berat Badan

Ternyata kebiasaan sepele di pagi hari bisa berpengaruh pada penambahan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki pola makan yang baik tentunya bisa membantu Anda untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal dan sehat. Tidak hanya konsumsi makanan sehat atau diet, tetapi pola hidup yang baik juga bisa berpengaruh terhadap penambahan berat badan. 

Seringkali kebanyakan orang menganggap sepele kebiasaan sehari-hari yang mereka lakukan. Nyatanya secara tidak langsung kebiasaan yang Anda lakukan di pagi hari bisa menghambat Anda dalam mendapatkan tubuh ideal yang sehat.

Dilansir dari brightside, ini dia kebiasaan di pagi hari yang bisa memicu penambahan berat badan. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terlalu banyak tidur

Jika tubuh kita kekurangan tidur, kemungkinan tubuh kita akan memproduksi hormon kortisol sebagai respon stres yang bisa meningkatkan nafsu makan. Jadi, penting untuk memiliki waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik. Untuk mencapai waktu tidur yang cukup, Anda dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam setiap harinya. 

Namun, tidur terlalu banyak juga tidak sehat bagi tubuh Anda. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal PLOS One, seseorang yang tidur lebih dari 10 jam setiap harinya bisa menyebabkan indeks massa tubuh lebih tinggi. Yang artinya bisa berpengaruh pada penambahan berat badan. 

3 dari 5 halaman

Tidak membiarkan cahaya matahari masuk

Ternyata membuka gorden setelah bagun tidur adalah hal yang cukup penting. Kebanyakan orang seringkali tidak langsung membuka gorden. Setelah bangun tidur mereka memilih berbaring di kasur berjam-jam sambil memainkan ponsel. 

Sebuah studi dalam Journal PLOS one menemukan bahwa gelombang cahaya biru (blue light wave) dari cahaya matahari di pagi hari bisa meningkat metabolisme Anda dan membuat tubuh Anda lebih berenergi. Bahkan, jika Anda mendapatkan cahaya matahari selama 20 hingga 30 menit sudah cukup untuk mempengaruhi indeks massa tubuh Anda. 

Jadi, setelah Anda bangun tidur, pastikan Anda segera membuka gorden dan membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan Anda.

4 dari 5 halaman

Tidak merapikan tempat tidur

Mungkin terdengar sepele, tetapi hal ini juga bisa berpengaruh pada penambahan berat badan Anda. Sebuah penelitian dari US National Sleep Foundation juga mengungkapkan bahwa seseorang yang merapikan tempat tidur mereka bisa memiliki kualitas tidur yang baik. 

Tentunya dengan memiliki kualitas tidur yang sehat juga sangat berpengaruh dalam mendapatkan berat badan yang sehat. 

5 dari 5 halaman

Sarapan terlalu sedikit

Ketika seseorang sedang mengurangi berat badan, biasanya mereka cenderung mengurangi asupan makan termasuk melewatkan sarapan pagi. Nyatanya, sarapan dengan makanan yang bergizi bisa membantu Anda yang sedang melakukan diet.

Sebuah penelitian dari Universitas Tel Aviv mengungkapkan bahwa mengonsumi makanan di pagi hari yang mengandung 600 kalori protein tanpa lemak, karbohidrat, dan beberapa makanan penutup akan memudahkan Anda untuk menjalani diet harian Anda. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.