Sukses

Pasangan Alami Masa Sulit, Ini 3 Cara Mempertahankan Hubungan Asmara Dengannya

Lakukan tiga hal ini saat pasangan Anda sedang mengalami masa sulit.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda pernah atau sedang menjalin hubungan asmara, pasti Anda tahu bahwa hubungan percintaan tidak selalu mulus. Akan ada pertengkaran kecil, perbedaan pendapat, atau kecemasan yang terjadi dalam setiap hubungan. Untuk menghadapinya perlu bagi pasangan untuk saling memahami  satu sama lain. 

Terkadang perbedaan pemahaman atau pendapat bisa saja memicu pertengkaran. Tidak hanya itu, ketika pasangan  sedang ada masalah dalam pekerjaannya, juga bisa menyebabkan pertengkaran jika kita tidak bisa memahami dan mendukung mereka.

Di sinilah pasangan harus bisa memahami, mendukung, dan menjadi pendengar yang baik bagi pasangannya yang sedang mengalami masa-masa sulit. Dilansir dari Pinkvilla, Rabu (03/1121), ini dia beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk mempertahankan hubungan ketika pasangan sedang alami masa sulit. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi pendengar yang baik

Ketika seseorang sedang menceritakan keluh kesahnya, biasanya kita memberikan banyak nasihat dan berbagai saran. Tetapi, tidak semua orang ingin diberikan nasihat dan saran ketika mereka sedang bercerita. Terkadang mereka hanya ingin didengar dan dimengerti. 

Jika pasangan Anda sedang mengalami masa sulit, jadilah pendengar yang baik. Cobalah untuk pahami mereka.

Biarkan mereka mencurahkan isi hatinya dan melepaskan segala emosi atau kesedihannya. Tapi, bukan berarti Anda hanya diam saja. Anda bisa memberikan nasihat dan saran jika memang diperlukan, dan berhati-hatilah saat mengatakannya, jangan sampai melukai hati pasangan Anda. 

3 dari 4 halaman

Coba untuk pahami pasangan Anda

Karena pasangan Anda sedang mengalami masa-masa sulit, cobalah untuk memahami apa yang dikatakan pasangan Anda. Ingatlah apa yang Anda katakan akan berdampak besar pada mereka, bahkan hubungan Anda. 

Jika Anda berjanji sesuatu pada mereka, wujudkan janji Anda dengan cara apapun. Jangan hanya memberikan janji manis tetapi tidak menepatinya. Buktikan rasa cinta dan sayang Anda pada pasangan melalui tindakan.

4 dari 4 halaman

Tunjukkan perhatian dan dukungan Anda padanya

Berikan dukungan dan perhatian Anda padanya tetapi jangan berlebihan. Meskipun mereka sedang alami masa sulit dan membutuhkan perhatian Anda, tetap berikan mereka ruang dan waktu sendiri. Selain itu, bila diperlukan Anda bisa menawarkan bantuan pada mereka sebagai bentuk peduli Anda. 

Melakukan hal-hal kecil untuk mereka bisa membantu meningkatkan suasana hati pasangan Anda. Tetapi jangan pernah memaksanya untuk meminta mereka memperbaiki suasana hati mereka. Bersabarlah dan percayakan semuanya pada pasangan Anda, semuanya akan membaik seiring berjalannya waktu. 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.