Sukses

4 Tips Mengatasi Rasa Cemburu dengan Cara yang Sehat

Cemburu yang berlebihan bisa menimbulkan masalah dalam sebuah hubungan.

Liputan6.com, Jakarta - Pasti Anda pernah bertengkar dengan pasangan Anda karena rasa cemburu. Atau mungkin Anda pernah merasa cemburu dengan keberuntungan teman Anda.

Dalam sebuah hubungan, timbulnya rasa cemburu bisa disebabkan oleh beberapa hal. Sebagian orang berpikir bahwa rasa cemburu adalah salah satu tanda sayang atau cinta pada pasangan kita. Namun bila rasa cemburu itu sudah berlebihan bisa menimbulkan masalah di dalam hubungan. 

Jika Anda sering merasa cemburu yang berlebihan dan sulit untuk mengendalikannya, berikut ini adalah empat tips sehat dalam mengatasi rasa cemburu, dilansir dari Prevention.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Melakukan Refleksi Diri

Sebelum Anda meluapkan emosi Anda, pikirkan dan pertimbangkanlah kembali apa hal yang membuat Anda cemburu dan apakah perasaan cemburu tersebut penting. Dengan begitu Anda bisa mencegah rasa cemburu tersebut dan mengendalikan emosi tersebut. 

Ingatlah bahwa rasa cemburu itu hanyalah pikiran negatif yang menguasai Anda. Anda dapat memilih apakah perlu atau tidak untuk membiarkan perasaan cemburu itu menguasai Anda. Ini membantu Anda untuk tetap tenang dan tidak termakan emosi. 

3 dari 5 halaman

Cari Tahu Pemicu Rasa Cemburu

Pikirkan dari mana dan apa yang jadi pemicu datangnya rasa cemburu tersebut. Apakah kecemburuan tersebut berasal dari sesuatu yang dilakukan seseorang di masa lalu atau berasal dari rasa tidak aman atau insecure pada diri Anda sendiri? 

Dengan mencari tahu jawabannya bisa membantu Anda untuk mempertimbangkan kembali apakah Anda perlu menangani masalah tersebut dengan orang yang bersangkutan atau tidak karena hanya perlu Anda selesaikan secara internal. 

4 dari 5 halaman

Tulis Isi Perasaan

Rasa cemburu bisa membuat pikiran Anda dipenuhi dengan asumsi-asumsi negatif yang mungkin bisa menyebabkan retaknya hubungan Anda. Luangkan waktu sejenak untuk menjernihkan pikiran Anda. 

Anda dapat meluapkan rasa emosi dan cemburu Anda dengan menulis apa yang Anda rasakan dan hal apa saja yang membuat Anda cemburu. Dengan menulis bisa membantu Anda untuk berpikir lebih jernih dan mengendalikan emosi tersebut. 

5 dari 5 halaman

Diskusikan dengan Pasangan Anda

Setelah perasaan Anda sudah mulai tenang, Anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk mengkomunikasikan pada pasangan Anda terkait perasaan yang sebenarnya Anda rasakan. Cobalah untuk bersikap terbuka dan jujur tentang apa yang apa yang selama ini Anda pikirkan. 

Menurut Risa Ganel, seorang terapis pernikahan dan keluarga mengatakan dengan mengkomunikasikan perasaan Anda pada pasangan dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk membicarakan tentang memperkuat hubungan dan membantu Anda agar tidak asal menyalahkan atau menuduh.

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.