Sukses

Berdiri Terlalu Lama Tingkatkan Risiko Anda Terkena Penyakit Jantung, Ini Sebabnya

Ternyata berdiri terlalu lama dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Ada sejumlah faktor yang diketahui meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung, mulai dari makan terlalu banyak garam hingga minum terlalu banyak alkohol. Faktanya, masih ada ada penyebab lainnya yang kerap diabaikan orang.

Sakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Baru-baru ini, peneliti mengutarakan apa yang menurut mereka "faktor risiko kardiovaskular yang sering diabaikan" yang dilakukan banyak orang setiap hari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berdiri terlalu banyak di tempat kerja dapat melipatgandakan risiko penyakit jantung

Kita sering diberi tahu bahwa terlalu banyak duduk dapat membahayakan jantung kita, tetapi berdiri terlalu banyak juga memiliki risiko. Demikian menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology.

Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis lebih dari 7.300 orang yang dipekerjakan yang terdaftar dalam Survei Kesehatan Masyarakat Kanada selama 12 tahun, yang bekerja setidaknya 15 jam seminggu dan tidak memiliki penyakit jantung pada awal penelitian.

Para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang melakukan pekerjaan yang sebagian besar mengharuskan mereka untuk berdiri, dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung dibandingkan mereka yang kebanyakan duduk selama bekerja.

 

3 dari 5 halaman

Ini karena berdiri sepanjang hari membuat jantung Anda lebih sulit untuk bekerja

Para peneliti mengatakan pengumpulan darah di tungkai bawah Anda, peningkatan tekanan vena, dan peningkatan stres oksidatif adalah tiga alasan utama mengapa berdiri terlalu banyak dapat menyebabkan orang mengembangkan penyakit jantung.

"Ketika Anda berdiri untuk waktu yang lama, darah cenderung menggenang di kaki Anda, dan sulit bagi jantung Anda untuk memompa darah itu kembali ke bagian atas tubuh Anda," pemimpin penulis studi Peter Smith, PhD, seorang ilmuwan senior di Institute for Work & Health di Toronto, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Menurut Smith, jika jantung Anda mengalami kesulitan memompa darah kembali ke bagian atas tubuh Anda, hal ini dapat meningkatkan tekanan di pembuluh darah. Dan seiring waktu, masalah ini bekerja sama untuk meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

4 dari 5 halaman

Berdiri "sering diabaikan" sebagai faktor risiko penyakit jantung

Di akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa kejadian penyakit jantung di antara pekerja yang banyak berdiri mirip dengan mereka yang menggunakan nikotin setiap hari atau memiliki obesitas—dua faktor risiko penyakit kardiovaskular yang terkenal. "Pekerjaan yang terutama melibatkan berdiri merupakan faktor risiko kardiovaskular yang penting, tetapi sering diabaikan," kata para peneliti dalam penelitian tersebut.

Dengan banyak pekerjaan—seperti kasir, teller bank, dan pelayan—memerlukan pekerja untuk berdiri lebih dari delapan jam sehari, Smith mengatakan studinya menunjukkan perubahan mungkin perlu dilakukan, terutama karena sering ada persepsi publik bahwa para pekerja ini tidak bekerja sebagai keras jika mereka tidak berdiri.

"Jika kita dapat menyadari bahwa berdiri untuk waktu yang lama sama buruknya bagi Anda, jika tidak berpotensi lebih buruk, daripada duduk untuk waktu yang lama, mungkin kita harus mempertimbangkan kembali apakah bermanfaat sebagai masyarakat untuk memaksa pekerjaan tertentu untuk berdiri untuk jangka waktu yang lama," kata Smith kepada Today.

 

5 dari 5 halaman

Tidak berarti duduk sepanjang hari baik untuk kesehatan jantung

Tentu saja, berganti pekerjaan untuk memungkinkan pekerja duduk sepanjang hari bukanlah langkah yang tepat. Menurut American Heart Association (AHA), terlalu banyak waktu duduk tetap dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, serta diabetes dan kematian.

Smith mengatakan kemampuan untuk berganti antara duduk dan berdiri selama bekerja adalah jawabannya.

"Jika Anda berada di lingkungan di mana Anda dapat mengubah posisi tubuh sepanjang hari, itu positif," kata Smith kepada Today. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk berdiri, duduklah saat Anda merasa lelah, dan jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk, mungkin berinvestasi di meja berdiri.

Tetapi Smith memperingatkan bahwa berdiri sesekali tidak cukup untuk mengimbangi gaya hidup yang tidak banyak bergerak. "Kebalikan dari duduk sebenarnya untuk menjadi lebih aktif, bukan untuk berdiri," jelas Smith.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.