Sukses

4 Tempat Hiburan yang Bisa Dikunjungi Selama Olimpiade Tokyo 2020

Liputan6.com, Jakarta - Tokyo, Jepang terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2020 dalam rapat Komite Olimpiade Internasional (IOC). Olimpiade Tokyo 2020 ini berlangsung mulai 23 Juli 2021 hingga 8 Agustus 2021, setelah mengalami penundaan setahun karena pandemi Covid-19.

Sekitar 11 ribu atlet akan berpartisipasi dalam ajang olahraga dunia dengan 33 bidang olahraga. Olimpiade Tokyo 2020 ini tidak memperbolehkan adanya penonton untuk mengurangi kerumunan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Uang tiket yang telah masuk ke panitia juga dikembalikan kepada penonton.

Meskipun tidak bisa menonton pertandingan secara langsung, masyarakat setempat dapat tetap merasakan euforia Olimpiade dengan mengunjungi beberapa tempat ikonik yang diadakan khusus untuk menyambut Olimpiade Tokyo 2020. Berikut daftarnya, seperti dirangkum dari Time Out, Kamis (29/7/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 5 halaman

1. Museum Olimpiade Jepang

Museum ini terletak di seberang Stadion Nasional Jepang. Di dalam museum, pengunjung dapat mempelajari sejarah dan filosofi Olimpiade. Museum Olimpiade Jepang telah dibuka sejak dua tahun lalu dan terbagi menjadi tiga bagian.

Bagian pertama di lantai pertama terdapat kafe, toko suvenir dan pusat studi Olimpiade.

Bagian kedua di lantai dua, pengunjung dapat mengenang momen-momen bersejarah dari Olimpiade sebelumnya melalui audio-visual. Pengunjung juga bisa mencoba permainan untuk mengetahui hasil kekuatan dan kecepatan fisik yang bisa dibandingkan dengan hasil atlet terbaik dunia.

Bagian ketiga di monumen luar ruangan, di sini pengunjung dapat melihat tiga kuali Olimpiade dan patung Pierre de Coubertin sebagai pendiri Komite Olimpiade Internasional.

 

3 dari 5 halaman

2. Tokyo Tokyo Festival

Festival ini diadakan bertepatan dengan persiapan Olimpiade Tokyo 2020. Tokyo Tokyo Festival menampilkan tiga belas proyek dan budaya. Ketiga belas proyek itu terpilih dari 2.436 proposal yang diajukan oleh seniman lokal.

 

4 dari 5 halaman

3. Olimpiade Agora

Olimpiade Agora merupakan pameran gabungan antara olahraga dan budaya yang diselenggarakan di Coredo Muromachi Terrace. Pameran ini memamerkan peninggalan bersejarah dari acara Olimpiade sebelumnya dan karya seni modern yang melambangkan semangat Olimpiade.

Pematung terkenal Prancis Xavier Veilhan dipilih untuk ikut serta dalam pameran ini. Ia mendapat tugas dari Yayasan Olimpiade untuk membuat instalasi khusus berjudul 'Pemirsa'.

Selain pameran fisik, masyarakat juga bisa menyaksikan tur virtual melalui situs Olympic Agora yang terdiri dari Olympic Spirit Exhibition, program Seni Kontemporer, dan Olympic Artists in Residence – Noren Curtains Project.

 

5 dari 5 halaman

4. Festival Nippon

Festival Nippon adalah pameran seni dan budaya Jepang yang berlangsung hingga akhir September dan tersedia di beberapa wilayah Jepang. Festival ini berisi pertunjukan teater hinga pameran seni visual. Komite Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo mendukung secara resmi untuk acara ini.

Beberapa acara yang ditampilkan seperti penampilan Mahabharata yang diperankan oleh aktor dan aktris Indonesia, Malaysia, dan India di Nakano Zero, Tokyo. Serta instalasi boneka raksasa berjudul 'Perjalanan Mocco dari Tohoku ke Tokyo...dan kemudian Dunia' yang bisa disaksikan secara online dan gratis melalui situs Nippon Festival.