Sukses

Berwisata Bahari, Siswa Madrasah Salsabila ke KRI Mentawai

Siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Salsabila, Pasar Rebo, Jakarta Timur berwisata ke KRI Mentawai-959 yang tengah bersandar beaching di dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Citizen6, Jakarta:  Rasa takjub dan kagum. Itulah yang dirasakan para siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Salsabila, Pasar Rebo, Jakarta Timur saat berwisata ke KRI Mentawai-959 yang tengah bersandar beaching di dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam kegiatan ini, Selasa (27/11/2012), rombongan siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Salsasabila Pasar Rebo dipimpin Kepala Sekolah Andi Abdullah dan diterima perwira jaga Letda Laut (P) Dwi Sulistyo mewakili Komandan KRI Mentawai-959 Mayor Laut (P) Hartanto.

Menurut Andi, kunjungan para siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Salsabila yang beralamat di Jalan Batas Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, ini dimaksudkan sebagai wisata bahari bagi anak didiknya. Selain itu, memberikan pengetahuan tentang kapal perang Tentara Nasional Indonesia saat ini.

Dengan didampingi 20 orang guru dan 40 orangtua siswa, ke-120 orang siswa ini mendapatkan penjelasan serta pengetahuan tentang KRI Mentawai-959 dari perwira kapal perang. Dalam penjelasan tersebut terungkap, KRI Mentawai-959 merupakan salah satu kapal yang tergabung dalam Kolinlamil dalam jajaran TNI Angkatan Laut  yang berpangkalan di Tanjung Priok, Jakarta. Kapal dengan jenis Coaster berbentuk Cargo dengan bobot mati 1350 ton dan dibuat di Bukares, Hungaria, pada 1964 tersebut mempunyai tugas pokok sebagai kapal angkut logistik .

KRI Mentawai didukung persenjataan ringan standar Angkatan Laut berupa Metraliur Double laras 12,5 mm yang berada di lambung kanan dan kiri kapal. Selain itu dilengkapi pula dengan senjata perorangan berupa AK-47 buatan Rusia. Karena tidak dimaksudkan sebagai kapal tempur di garis depan, kapal ini tidak dilengkapi persenjataan berat dan canggih seperti meriam, kanon, atau rudal.

Usai penjelasan dan pengenalan tentang kapal perang, dilakukan tukar-menukar cenderamata. (Kadispen Kolinlamil).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.