Sukses

Ini Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Aman

Liputan6.com, Jakarta Setiap 'orang tua' anak bulu alias anabul, menjaga kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab yang harus dilakukan. 

Nah terlepas dari kebiasaan grooming yang dilakukan sendiri, namun nggak bisa dipungkiri bahwa kucing juga membutuhkan bantuan untuk membersihkan telinganya. 

Menyoal hal tersebut, nggak jarang, ada pemilik kucing yang enggan membersihkannya karena alasan khawatir menyakiti gendang telinganya. Namun dengan beberapa tahapan berikut ini, kamu bisa membantu kucingmu membersihkan telinganya dengan aman tanpa menimbulkan rasa sakit, seperti dikutip laman Petmd berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Lakukan Saat Kucing sedang Tenang

Langkah pertama ini, pastikan kamu membersihkan telinga kucing saat dia sedang tenang. Yup, jangan sekali-kali 'menyeret' kucingnya saat di sedang bermain. Waktu terbaiknya adalah saat dia sedang bersantai atau ketika akan tertidur. 

3 dari 5 halaman

2. Batasi Gerakannya

Bungkus tubuh kucingmu dengan handuk tebal dan lembut, untuk membatasi gerakannya, seperti keinginannya untuk menggaruk telinga. Dengan cara ini, kamu bisa mulai membersihkan telinganya dengan aman. 

4 dari 5 halaman

3. Siapkan Tiga Peralatan Ini

Sebelum mulai membersihkan telinganya, siapkan semangkuk air hangat, bola kapas, dan cotton buds. Lalu celupkan bola kapas tersebut ke dalam air hangat, untuk membersihkan bagian daun telinganya. Lakukan dengan lembut. 

Kemudian celupkan cotton buds ke air hangat. Ini dilakukan untuk membersihkan bagian tulang rawannya yang berwarna merah muda. Hati-hati, jangan membersihkan terlalu dalam ya!

5 dari 5 halaman

4. Berikan Penghargaan

Nah setelah kamu melakukan langkah di atas dan berhasil membersihkan telinga kucing dengan aman tanpa rasa sakit, sekarang saatnya memberikan apresiasi. 

Yup, kamu bisa banget memberikan makanan sehat untuknya. Oh ya, ada rekomendasi makanan sehat untuk si kucing kesayanganmu, yaitu Muezza. 

Muezza adalah makanan kering (dry food) yang diberikan untuk kucing dewasa dan bersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. 

Muezza juga mengandung ekstrak Yucca Schidigera yang sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan. Selain itu, ada tiga manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu:

  1. Mencegah kegemukan, menurunkan kadar gula darah, mencegah kekelahan otot, dan kebutaan karena Muezza mengandung taurin
  2. Bermanfaat untuk perkembangan otak, kesehatan kulit dan bulu, kesehatan mata dan jantung, serta menjaga kekebalan tubuh kucing karena Muezza mengandung Omega3 dan Omega6
  3. Kandungan asam lemak esensial bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, bulu, sistem reproduksi, dan metabolisme kucing

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan.

Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.