Sukses

7 Keutamaan Membaca Surat Yasin, Lancarkan Rezeki hingga Hindarkan Malapetaka

Liputan6.com, Jakarta - Setiap muslim maupun muslimat tentu mendambakan hidup penuh keberkahan dari Allah SWT. Terutama agar dapat memperoleh kemudahan dalam segala urusan dunia dan akhirat.

Sebagian besar orang tentu berharap senantiasa dijauhkan dari mara bahaya. Serta, mengharapkan memperoleh ketenangan hati.

Itu semua bisa diperoleh dengan menjalankan ibadah dan amalan sesuai ajaran agama Islam. Artinya, berikhtiar, beribadah, berdoa, dan tawakal adalah kuncinya.

Membaca ayat suci Al-Qur'an, terutama Surat Yasin sebanyak tiga kali juga dapat membantu setiap muslim maupun muslimat untuk menggapainya.

Sesuai ajaran Islam, Surat Yasin dan seluruh surat di dalam Al-Qur'an menjadi bacaan baik yang dapat diamalkan kapan saja. Bahkan, hanya membaca satu ayat, Allah SWT menjanjikan pahala besar. Terlebih, bila membaca satu surat penuh.

Surat Yasin memang kerap dilantunkan pada hari Jumat. Terutama buat mendoakan sanak keluarga yang telah meninggalkan dunia fana. Tapi, surat tersebut juga baik dibaca di hari-hari lain.

Untuk diketahui, Surat Yasin mengandung tiga pokok pembahasan. Hal pertama, membahas mengenai keimanan terhadap hari kebangkitan. Hal kedua, memuat pengetahuan sejarah seputar kehidupan penduduk di suatu desa, terutama supaya dapat diambil hikmahnya.

Hal ketiga, Surat Yasin mengandung dalil-dalil untuk menegaskan kepada umat Islam mengenai keesaan Allah SWT.

Simak 7 manfaat membaca Surat Yasin, melancarkan rezeki hingga menghindarkan malapetaka, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (8/7/2021), di halaman berikut:

 

2 dari 9 halaman

1. Memperoleh Kelancaran Rezeki

Anda ingin rezeki dilancarkan? Setiap muslim maupun muslimat tentu ingin memperoleh rezeki melimpah tanpa harus bersusah payah. Namun ada syaratnya, yakni senantiasa ikhlas sepenuh hati dengan hanya memohon kepada Allah SWT.

Selanjutnya, Anda harus istikamah dalam menjalankan ibadah. Serta, terus mengharapkan kebaikan dari rezeki yang dilimpahkan.

Menurut Imam Ad-Darimi, barang siapa membaca Surat Yasin di pagi hari, maka pekerjaannya di hari itu bakal dilancarkan Allah SWT.

"Dan bila membacanya di akhir hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga," demikian tertulis dalam Sunan Ad-Darimi.

 

3 dari 9 halaman

2. Memperoleh Berkah dalam Hidup

Bagaimana jika rezeki yang didapat tak mengandung berkah? Tentunya rezeki itu kurang bermanfaat, atau rezeki tersebut cepat habis, bahkan tidak dapat dinikmati.

Supaya hidup Anda terus memperoleh limpahan berkah dari Allah SWT, ada baiknya membaca Surat Yasin di pagi hari. Anjuran ini dibenarkan pula oleh Imam Ad-Darimi dalam sunannya.

"Siapa yang membaca surat Yasin pada awal pagi, seluruh hajatnya akan dikabulkan oleh Allah," demikian Imam Ad-Darimi dalam kitabnya.

 

4 dari 9 halaman

3. Memperoleh Kebahagiaan

Seandainya gundah gulana datang menghampiri Anda, kemudian hati menjadi sedih, jauh dari rasa tenang, dan damai. Maka, dengan membaca Surat Yasin setiap hari bakal mengubah semua itu menjadi kebahagiaan.

Berdasarkan firman Allah SWT dalam Surat Ar-Rad ayat 28, dengan mengingat-Nya hati menjadi tenang.

"Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

 

5 dari 9 halaman

4. Memperoleh Ampunan dari Allah

Bukan hanya dapat memperoleh keberkahan dalam hidup. Surat Yasin juga ampuh menghapus dosa-dosa selama hidup di dunia.

Terutama, jika terus mengamalkan membaca Surat Yasin, maka dosa-dosa yang besar pun bakal diampuni oleh Allah SWT.

Seperti pernah diungkapkan Abu Hurairah Ra berdasarkan hadis yang diriwayatkan At-Thabrani dan Al-Baihaqi. "Siapa yang membaca (Surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya."

 

6 dari 9 halaman

5. Mempermudah Sakaratul Maut

Selain itu, membaca Surat Yasin juga dipercaya bisa membantu sakaratul maut supaya lebih mudah. Ini seperti dijelaskan dalam tafsir Al-Qur'an Al-Azhim:

"Membaca Surat Yasin di sisi mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh." (Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi)

"Disunnahkan membaca Surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian." (Al–Majmu’syaih Al-Muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab)

 

7 dari 9 halaman

6. Terhindar dari Siksa Kubur

Selanjutnya, Surat Yasin yang luar biasa diyakini pula meringankan manusia dari siksa kubur yang mengerikan.

"Barang siap yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin, maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka. Serta, diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu." (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

8 dari 9 halaman

7. Terlindungi dari Malapetaka

Sesuai ajaran agama Islam, obat dari malapetaka adalah Surat Yasin. Jika hidup Anda terasa melelahkan, sering tertimpa sial, kemungkinan simpanan kebaikan Anda tengah menipis.

Karena itu, manfaat dari membaca Surat Yasin selanjutnya adalah supaya senantiasa terhindar dari marabahaya, malapetaka, dan nasib sial. Serta, keburukan lain yang dapat datang kapan saja.

Allah SWT pun bakal memberikan perlindungan kepada umat-Nya dengan menjauhkan dari segala penyakit, dilindungi selama hidup di dunia dan akhirat. Serta, mati syahid dan dimudahkan saat akan keluar ruh.

9 dari 9 halaman

Video Pilihan