Sukses

Mudah Dilakukan, Ini 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kemerahan dan Iritasi

Liputan6.com, Jakarta - Kulit wajah yang kemerahan dan iritasi dapat disembuhkan dengan perawatan yang tepat. Jika melakukan perawatan yang salah, kulit wajah dapat mengalami iritasi, kemerahan dan kering.

Ternyata, masih banyak individu yang salah dalam menggunakan produk skincare. Hal itu karena mereka masih belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang perawatan kulit wajah.

Sehingga mereka tidak memperhatikan kandungan pada produk yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit wajahnya. Bagi mereka yang memiliki kulit kemerahan dan iritasi, perawatan tersebut sangat mudah dilakukan. Ketahui caranya di bawah ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Gunakan Krim atau Salep

Disarankan untuk menghindari menggunakan lotion dan segera beralih menggunakan krim atau salep. Penggunaan krim sangat disarankan untuk seseorang yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Alasannya karena dapat melindungi kulit secara maksimal serta menghidrasi kulit. Produk losion lebih tepat digunakan untuk kulit normal karena cepat meresap ke kulit.

3 dari 6 halaman

2. Gunakan Pelembap

Tambahkan produk pelembap ke dalam daftar skincare harian Anda. Pelembap bermanfaat untuk mencegah iritasi dan mengunci hidrasi kulit. Pelembap dapat digunakan setelah mandi, mencuci muka dan pada malam sebelum tidur.

4 dari 6 halaman

3. Lakukan Eksfoliasi dan Hindari Scrub

Saat mengalami kulit sensitif, kulit dapat mengelupas yang menyebabkan iritasi dan kemerahan. Anda dapat melakukan chemical eksfoliasi, namun tanpa menggunakan scrub.

Scrub tidak disarankan oleh dokter kulit karena dapat membuat kulit semakin kering dan memperparah iritasi.

5 dari 6 halaman

4. Pilih Kandungan Skincare yang Menenangkan

Ahli kulit menyarankan untuk memilih kandungan skincare yang dapat menenangkan kulit.

"Produk yang mengandung niacinamide, sulfur, kafein, allantoin, chamomile, aloe, akar licorice dan mentimun dapat mengurangi kemerahan," kata ahli kulit, dikutip dari Bright Side, Selasa (1/6/2021). Selain itu, pembersih organik juga disarankan untuk menyembuhkan iritasi dan kemerahan. 

6 dari 6 halaman

5. Selalu Gunakan Sunscreen yang Tepat

Semua produk sunscreen tidak selalu cocok bagi beberapa orang. Mereka bahkan mengalami alergi yang membuat kulit kemerahan dan bersisik. Sehingga disarankan untuk memilih produk sunscreen yang tepat dengan memperhatikan kandungannya.

Sunscreen yang mengandung zinc atau titanium dioksida direkomendasikan untuk kulit sensitif.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS