Sukses

Menu Sahur Sehat, Semangkuk Bayam dan Oatmeal Gurih Mengenyangkan

Liputan6.com, Jakarta Selama bulan Ramadhan, nutrisi pada makanan juga harus tetap sehat untuk dapat menajalankan puasa dengan baik. Menyantap makanan yang sehat dan bergizi harus terus dilakukan di kala berbuka dan sahur.

Semangkuk sayur bayam dan oatmeal yan dipadukan dapat menjadi menu sahur yang menyehatkan. Oatmeal dapat menggantikan nasi yang mengandung banyak glukosa di dalamnya. Ditambah dengan sayur bayam yang juga mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh.

Mengutip dari Very Well Fit, Senin, (26/4/2021), gandum menjadi salah satu makanan sarapan paling sehat untuk jantung, serat larutnya membantu meningkatkan pencernaan, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan kolestrerol.

Sebelum masuk ke resep dari makanan sehat ini, mari simak penjelasan tentang kandungan nutirisi yang terdapat dalam oatmeal untuk lebih mengetahui. Kandungan nutrisi ini yang akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

 

 

2 dari 5 halaman

Nutrisi Dalam Gandum

Gandum menyediakan karbohidrat kompleks dalam porsinya, yang terdiri dari serat dan tanpa tambahan gula. Gandum juga piihan yang lebih sehat daripada sereal yang biasanya dijadikan santapan sahur saat diet.

Untuk lemak dalam gandum sebagia besar adalah lemak tak jenuh gandan dan tak jenuh tunggal dengan sedikit lemak jenuhnya, itu pun dalam porsi yang sangat sedikit dari keseluruhan. Gandum juga merupakan sumber protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Dalam gandum terdapat sumber mangan yang baik, komponen enzim antioksidan, penting dalam memfasilitasi perkembangan tulang dan membantu membuat dan memecah glukosa. Selain itu, gandum juga sebagai sumber zat besi, magnesium, seng, dan selenium yang baik.

Jika berdasarkan kandungan nutrisi, gandum memberikan keuntungan kesehatan untuk internal dan eksternal seperti membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang. gandum juga dapat menenangkan kulit yang gatal, mengurangi gejala psoriaris, dan membantu mengobati dermatitis atopik.

Membantu mengontrol diabetes tipe 2 juga menjadi salah satu manfaat oatmeal, hal tersebut merupakan keterkaitan antara memakan gandum yang secara bersamaan terjadi peningkatan kesehatan jantung.

Gandum juga memiliki lebih banyak serat larut daripada kebanyakan biji-bijian lainnya. Serat larut tersebut akan menurunkan kadar kolesterol LDL.

 

3 dari 5 halaman

Bahan-Bahan Semangkuk Bayam dan Oatmeal Gurih

Bahan-bahan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan di bawah ini bahan-bahan untuk penyajian satu porsi.

  • 1/2 cangkir atau 100 gram gandum giling
  • 1 cangkir kaldu ayam atau sayuran rendah sodium
  • semprot minyak zaitun
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 cangkir bayam bayi
  • 1 telur besar
  • 1 sendok makan keju feta hancur
  • lada hitam yang baru retak, secukupnya

 

4 dari 5 halaman

Cara Pembuatan

  1. Dalam panci kecil, didihkan kaldu ayam atau sayuran rendah sodium
  2. Tambahkan gandum ke dalam panci, kemudian kecilkan api
  3. Masak dan aduk sesekali sampai oat menyerap msemua cairan yang terdapat dalam panci, sekitar 5 menit
  4. Sementara itu, pada wajan anti-lengket, tumis bawang putih cincang dan bayam. Angkat dan sisihkan dari wajan
  5. Lalu, goreng telur dengan menggunakan minyak zaitun hingga kematangan yang diinginkan.
  6. Siapkan mangkuk, masukkan oatmeal, bayam, dan keju feta ke dalamnya
  7. Di atasnya, taruh telur ceplok dan lada hitam
  8. Menu santap sahur sehat siap dihidangkan

 

Variasi dan substitusi bahan juga bisa dilakukan, misalnya bayam dapak digantikan dengan jamur, paprika, atau yang lainnya sesuai dengan yang Anda miliki. Dalam setiap prosinya, menu ini mengandung 309 kalori, 11 gram lemak, 34 gram karbohidrat, dan 19 gram protein.

Proses pembuatan bisa memakan waktu 15-20 menit. Dapat juga disajikan bersama teh hijau panas untuk menjadi peneman yang menyehatkan juga.

 

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

5 dari 5 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: