Sukses

Seru, Ini 4 Manfaat Jadi Relawan Pendidikan

Berikut ini beberapa manfaat menjadi relawan pendidikan

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu gemar dan sering merasa terpanggil untuk membantu orang lain di sekitarmu, menjadi relawan bisa jadi kegiatan yang tepat untuk kamu. Ada banyak jenis kegiatan relawan yang bisa kamu pilih, seperti relawan untuk bencana, pelestarian lingkungan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sering kali menjadi pilihan banyak orang yang ingin terjun di dunia relawan. Ada banyak sekali pembelajaran yang didapat dengan menjadi relawan pendidikan. Salah satu cerita menarik datang dari Diva Nur Agmalia, Tim Koordinator Daerah ruangpeduli, platform inisiatif nonprofit Ruangguru. Seperti apa serunya menjadi relawan pendidikan? Yuk, simak kisahnya berikut ini!

Membentuk jiwa kepemimpinan

Dengan menjadi relawan, Diva merasa dipercaya untuk memegang beberapa tanggung jawab dalam suatu kegiatan. Melalui tugas yang ia emban, jiwa kepemimpinannya beranjak terbentuk, baik dalam memimpin diri sendiri maupun orang lain di dalam komunitas relawan.

Melatih kemampuan berorganisasi

Kegiatan relawan terdiri dari sekelompok individu dengan tujuan sosial yang sama. Maka dari itu, jika kamu bergabung di kegiatan relawan, kemampuan berorganisasi dan berkomunikasi dalam kelompok akan lebih terasah. Kamu juga akan dihadapkan dengan beberapa orang dengan karakter berbeda sehingga semakin membangun kemampuan kerja sama di dalam tim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belajar manajemen waktu yang baik

Setiap relawan memiliki kegiatannya masing-masing di luar komunitas atau organisasi kerelawanan yang menaunginya. Ada yang bekerja penuh waktu atau masih menempuh studi. Jika kamu bergabung menjadi relawan, kamu akan dilatih untuk mengatur waktu sebaik mungkin agar aktivitas utama dan kegiatan kerelawanan kamu tetap berjalan lancar. 

Mendapat relasi yang luas

Melalui kegiatan relawan, kamu akan bertemu dengan banyak teman baru yang datang dari latar belakang yang beragam. Selain memperluas jaringan relasi pertemanan kamu, bergabung menjadi relawan juga akan memperluas perspektif pemikiran kamu juga, lho! 

Tadi merupakan pelajaran dan manfaat yang didapat jika kamu mengikuti kegiatan relawan berdasarkan pengalaman Diva, Tim Koordinator Daerah ruangpeduli. Di samping kesibukan Diva sebagai mahasiswa, ia tetap menjalankan kegiatan relawan di ruangpeduli secara aktif, lho!

 

Ingin menjadi relawan seperti Diva? Kamu bisa cek informasinya di website ruangpeduli di ruangpeduli.org platform yang menghubungkan pemberi bantuan dengan pelajar atau pelaku pendidikan yang membutuhkan bantuan akses, dukungan fasilitas belajar, serta konten pendidikan yang berkualitas.

Saat ini ruangpeduli memiliki lebih dari 2,500 anggota komunitas relawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Pantau terus dan jangan sampai ketinggalan informasi rekrutmen relawan ruangpeduli berikutnya, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini