Sukses

5 Manfaat Makan Sambil Duduk di Lantai, Kebiasaan yang Dilakukan Orang Jepang

Ini manfaat yang akan Anda dapatkan jika makan sambil duduk di lantai seperti kebiasaan yang dilakukan orang Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar individu akan duduk di kursi saat makan. Ya, meja makan mungkin terasa sangat nyaman, namun belum tentu itu yang terbaik untuk kesehatan Anda.

Umumnya orang-orang Jepang makan sambil duduk di lantai, bahkan ketika mereka makan di restoran bintang lima di Jepang.

Hal ini rupanya bukan hanya karena rumah di Jepang biasanya sangat kecil. Faktanya, kebiasaan ini memiliki begitu banyak manfaat kesehatan sehingga Anda patut untuk mencobanya.

Melansir dari Brightside, Selasa (30/3/2021), berikut deretan manfaat yang akan Anda dapatkan jika makan sambil duduk di lantai seperti kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang di Jepang.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Membantu Meningkatkan Sistem Pencernaan

Saat Anda duduk di lantai dengan menyilangkan kaki dan makan, Anda dengan seolah dengan mudah sedang melakukan yoga pada saat yang bersamaan.

Posisi bersila ini diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke perut, membantu Anda mencerna makanan dengan mudah dan mendapatkan vitamin dan nutrisi terbanyak.

Ketika Anda membungkuk ke depan untuk mengambil makanan dari piring Anda dan kemudian kembali ke posisi awal untuk menelannya, Anda memperkuat otot-otot di perut Anda yang dapat mencegah kembung.

3 dari 6 halaman

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Duduk di lantai sambil makan membantu saraf vagus berfungsi lebih baik. Saat sistem pencernaan Anda melepaskan hormon yang disebut leptin, sistem ini mengirimkan sinyal ke saraf vagus bahwa Anda kenyang dan fungsi yang tepat dari saraf ini dapat mencegah Anda makan berlebihan sehingga mampu membantu Anda menurunkan berat badan.

4 dari 6 halaman

3. Membuat Tubuh Lebih Fleksibel

Saat duduk di kursi terlalu lama dapat menyebabkan punggung Anda sakit dan akhirnya membebani cakram di tulang belakang, sementara duduk di lantai dapat meregangkan lutut dan pinggul Anda.

Duduk di lantai saat makan mencegah Anda membungkuk dan membuat punggung dan bahu Anda lebih kuat.

5 dari 6 halaman

4. Panjang Umur

Jika Anda dapat dengan mudah bangkit dari posisi bersila tanpa dukungan apa pun, kemungkinan besar Anda dapat hidup lebih lama.

Ternyata, duduk di lantai sambil makan dan bangun beberapa kali sehari adalah salah satu cara termudah untuk menambah tahun ekstra dalam hidup Anda.

6 dari 6 halaman

5. Menjaga Kesehatan Sendi Anda

Saat Anda duduk di kursi dalam waktu lama, itu membuat pinggul Anda kaku. Namun, duduk di lantai memungkinkan Anda meregangkan pinggul dan pergelangan kaki, membuat persendian Anda lebih fleksibel.

Beberapa postur duduk, seperti berlutut dan jongkok, membuat otot Anda bekerja bahkan saat Anda beristirahat, karena mendorong Anda untuk menggunakan otot yang tidak aktif saat Anda duduk di kursi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.