Sukses

Kreatif, Guru TK Ini Ajak Muridnya ke Kebun Binatang Secara Virtual

Cara kreatif seorang guru TK mengenalkan nama-nama binatang dengan mengajak muridnya berkeliling kebun binatang secara virtual.

Liputan6.com, Jakarta Bagi anak remaja, kelas online tidak terlalu menyulitkan karena mudah bagi mereka beradaptasi. Namun, bagaimana jika terjadi pada anak TK?

Sangat sulit bagi mereka untuk memahami hanya dari tangkapan layar. Di usianya, mereka butuh interaksi secara langsung untuk memahami hal-hal baru. 

Di masa-masa ini, anak TK butuh sosok guru yang kreatif untuk membuat kelas online menarik yang tidak membosankan.

Seperti yang dilakukan Garett Talcott yang merupakan guru taman kanak-kanak di  Ella Baker di Redmond, Washington. Melalui akun Tiktok-nya @vividmichaeldia menampilkan metode pengajaran unik dengan mengajak murid-muridnya ke kebun binatang untuk berkeliling mengenal aneka satwa secara virtual. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Interaksi muridnya selama kelas

Kelas karyawisata berlangsung menyenangkan, murid-muridnya tampak ekspresif usai Talcott melakukan kunjungan pertama ke tempat penguin. 

Guru itu langsung memulai membuka sesi tanya jawab dengan menanyakan asal dari penguin tersebut. Dan sayangnya, tebakan bocah yang mengatakan dari Kutub Utara itu salah. Dan tidak apa-apa.

Alhasil, penjaga kebun binatang coba menjelaskan bahwa hewan itu berasal dari Chili, Amerika Selatan.

3 dari 5 halaman

Melanjutkan perjalanannya

Mendengar antusias dari anak didiknya, membuat Talcott bersemangat melanjutkan perjalanan untuk melihat aneka binatang lainnya seperti tapir, badak, dan orangutan sembari mengangkat laptop dengan kedua tangannya. 

Meskipun kelas online hanya berlangsung 30 menit, Talcott sangat puas meninggalkan kenangan indah bersama muridnya.

"Ini perjalanan yang luar biasa," sahut salah satu murid.

 

4 dari 5 halaman

Perjalanan yang menyenangkan

@vividmichael

Zoo field trip in &lt30 minutes 🐗🦏🦧❤️ ##kindergarten ##teacher ##school ##zoo ##woodlandparkzoo ##tapir ##rhino ##orangutan ##seattle

♬ original sound - Mr. Talcott
5 dari 5 halaman

Respons Warganet

Unggahan kelas karyawisata ala Talcott tuai pujian dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang mengatakan Talcott guru yang keren. Hingga kini, unggahan pertama telah mengumpulkan lebih dari 8 ribu penayangan, sementara video bagian kedua dilihat lebih dari 200 ribu kali.

"Keren sekali!! Sungguh beruntung kalian punya guru sepertimu," tulis akun @debbieep.

"Saya suka caramu mengajarkan mereka dengan menganggap bahwa tidak perlu khawatir kalau jawaban dari muridmu salah," sahut akun @rachilyann. 

"Jangan meremehkan guru yang jurusan PAUD guys," balas akun @layy.yyyy.

"Kamu guru yang keren, murid-muridmu akan mengenangnya sebagai perjalanan yang menyenangkan, selamanya," ungkap akun @mamaofgirls.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.