Sukses

Pria Ini Beli Mangkuk Obralan yang Ternyata Barang Antik Senilai Rp 7 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Ada saja pengalaman unik bahkan tak terduga dari orang-orang yang membeli barang bekas. Belum lama ini seorang pria di Connecticut membeli mangkuk porselen di lapak barang-barang loak yang ternyata adalah sebuah artefak abad ke-15 Tiongkok yang langka.

 

Mangkuk porselen kecil itu dijual dengan harga $ 35 atau setara dengan Rp 500 ribu ternyata adalah artefak Tiongkok abad ke-15 yang langka dan bernilai hingga setengah juta dolar.

Pria yang tak diketahui identitasnya itu membeli mangkuk tersebut di lapak barang-barang bekas dekat New Haven tahun lalu, dan kemudian mengunggah fotonya melalui email ke Sotheby menurut The Associated Press.

Sotheby sendiri merupakan perusahaan multinasional yang bermarkas di kota New York dan merupakan balai lelang benda seni rupa, seni dekoratif, perhiasan, real estate serta barang-barang koleksi.

2 dari 4 halaman

Mencapai Rp 7 Miliar

Siapa sangka mangkuk tersebut nyatanya berasal dari Dinasti Ming pada awal 1400-an, yang diperkirakan nilainya antara $ 300.000 hingga $ 500.000 atau mencapai Rp 7 Miliar.

Mangkuk yang disebut Sotheby "luar biasa dan langka", akan tersedia bagi penawar tertinggi sebagai bagian dari lelang Seni Cina Penting perusahaan di New York akhir bulan ini.

"Selalu sangat mengherankan untuk berpikir bahwa ini masih terjadi, bahwa harta karun ini dapat ditemukan," kata Angela McAteer, wakil presiden senior Sotheby dan kepala Departemen Karya Seni China.

"Itu selalu sangat menarik bagi kami sebagai spesialis ketika sesuatu yang kami bahkan tidak tahu ada di sini muncul entah dari mana."

3 dari 4 halaman

Lainnya Berada di Museum

Dari enam mangkuk lain yang diketahui keberadaannya, kata McAteer, sebagian besar ada di museum dan tidak ada di Amerika Serikat. Dua di Museum Istana Nasional di Taipei, Taiwan, dua di museum di London dan satu di Museum Nasional Iran di Teheran, menurut Sotheby.

Mangkuk bercat biru itu kecil berdiameter sekitar 6 inci dan berbentuk seperti kuncup teratai atau jantung ayam, menurut artikel di situs lelang. Itu dihiasi dengan bunga teratai, peony, krisan, dan bunga delima, dengan medali di bagian bawah dan dibatasi oleh gulungan gulungan teratai di sekelilingnya.

McAteer mengatakan mangkuk itu memiliki semua karakteristik dan keunggulan dari periode awal Ming, dengan memperhatikan kehalusannya, lapisannya yang halus dan warna serta desain yang khas.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini: