Sukses

Cegah Ketombe hingga Atasi Bekas Luka, Ini 5 Manfaat Lain dari Obat Kumur

Liputan6.com, Jakarta - Obat kumur merupakan cairan antiseptik yang berfungsi untuk membersihkan sela-sela gigi, permukaan lidah dan gusi, serta mulut bagian belakang atau kerongkongan. Obat kumur kerap digunakan sebagai penghilang bau mulut. Selain itu, obat kumur juga berfungsi layaknya air liur untuk menjaga mulut tetap lembap dan menetralkan zat asam.

Meski begitu, obat kumur ternyata bukan hanya untuk mencegah bau mulut yang mengganggu melainkan memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan lainnya. Mulai dari mencegah ketombe hingga dapat menyembuhkan jamur pada kuku dan kaki Anda lho. Penasaran? Berikut 7 penggunaan lain dari obat kumur selain untuk menghilangkan bau mulut dilansir dari Brightside.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 7 halaman

1. Mencegah Ketombe

Obat kumur memiliki kandungan antijamur yang mampu melawan ketombe. Anda cukup menyiapkan dua sendok makan obat kumur, dua sendok air, dan satu botol spray.

Pertama, cuci rambut Anda menggunakan sampo. Lalu, tambahkan air dan encerkan obat kumur ke dalam botol spray. Kocok botol sampai keduanya tercampur sebelum mengaplikasikannya ke kulit kepala dan rambut.

Setelah selesai, biarkan selama beberapa menit dan bersihkan kepala dengan air hangat atau dingin. Anda bisa mengulangi cara ini tiga kali seminggu selama minimal 2 minggu.

 

 

3 dari 7 halaman

2. Mencegah Memar

Kandungan antiseptik yang lembut untuk kulit dapat dioleskan pada kulit yang memar. Hal ini dapat mencegah infeksi dan mengobati memar dengan cepat. Selain itu, efek dingin yang dihasilkan juga bisa meredakan rasa sakit.

4 dari 7 halaman

3. Mengatasi Bau Ketiak

Jika deodoran habis dan belum sempat membeli yang baru, Anda dapat menggunakan obat kumur sebagai gantinya. Caranya, tuangkan obat kumur pada kapas dan oleskan ke seluruh permukaan ketiak seperti sedang menggunakan deodoran. Obat kumur mampu membunuh bakteri dan menjaga ketiakmu tetap segar tanpa bau sepanjang hari.

 

5 dari 7 halaman

4. Mengatasi Jamur pada Kaki

Obat kumur mengandung antimikroba yang sangat kuat. Saking kuatnya, obat kumur dianggap efektif untuk membantu mengurangi dan menyembuhkan jamur kaki. Anda cukup rendam kedua kaki di ember yang telah diisi air dengan campuran satu cangkir obat kumur. Lalu diamkan selama 30 menit.

 

6 dari 7 halaman

5. Mengatasi Bekas Luka atau Gigitan Serangga

Jika Anda mengalami gatal-gatal dan kemerahan akibat gigitan serangga, gunakanlah obat kumur untuk meredakannya. Cukup teteskan obat kumur pada kapas, kemudian oleskan pada bagian yang terdapat bekas gigitan serangga. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa gatal dan kemerahannya.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: