Sukses

5 Manfaat Es Batu untuk Wajah, Menyamarkan Pori-pori hingga Kantung Mata

Liputan6.com, Jakarta - Mengaplikasikan es batu ke area tubuh untuk mendapatkan manfaat kesehatan dikenal sebagai terapi dingin atau cryotherapy. Terapi ini biasa digunakan untuk mengobati luka memar. 

Selain itu, cryotherapy juga bermanfaat sebagai pereda nyeri dengan mengurangi aktivitas saraf untuk sementara.

Manfaat lainnya antara lain mengurangi pembengkakan dengan mengurangi aliran darah, serta mempercepat pemulihan fungsional. Tak hanya sebagai pengobatan luka memar, es batu dapat digunakan sebagai perawatan wajah.

Es batu diyakni dapat membuat kulit wajah tetap sehat dan bercahaya. Terapi ini tak hanya memakai es batu biasa, namun juga dapat memakai es batu teh hijau, es batu ketimun, dan lainnya.

Nah, penasaan manfaat apalagi yang didapat dari es batu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Jumat (26/2/2021).

2 dari 7 halaman

1. Kulit Halus

Terapi es bermanfaat untuk membuat kulit wajah lebih halus. Anda dapat melakukannya setiap malam atau sebelum tidur. Bersihkan wajah lebih dahulu sebelum melakukan perawatan. Kemudian, pijat secara lembut pada area wajah dan leher dengan es yang sudah dimasukkan ke dalam kantong plastik.

Lakukan hal tersebut sekitar tiga menit. Hasil dapat terlihat setelah perawatan beberapa hari. Kulit tampak lebih segar dan halus. Terapi es juga mencegah kerutan dan membantu tidur lebih nyenyak.

3 dari 7 halaman

2. Menghilangkan Jerawat

Terapi es merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah jerawat. Bersihkan wajah sebelum melakukan perawatan. Bungkus es dengan kain lembut bersih atau plastik. 

Setelah itu, aplikasikan es pada jerawat dengan menekannya secara lembut. Lakukan cara ini selama 3 sampai 5 menit. Jika dilakukan secara rutin, jerawat di wajah secara perlahan mengempis.

4 dari 7 halaman

3. Mengurangi Kerutan

Terapi es ini bekerja untuk meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dapat mencegah penuaan dini dan mengurangi kerutan atau garis-garis halus pada wajah. Lakukan perawatan ini selama sekitar satu menit setiap hari sebelum merias wajah.

Perawatan ini juga dapat dilakukan setiap malam. Meskipun banyak orang yang percaya manfaat ini. Di satu sisi, manfaat es batu untuk wajah belum terbukti sepenuhnya. Metode ini belum diteliti secara mendalam sehingga masih membutuhkan studi lanjutan.

5 dari 7 halaman

4. Menyamarkan Kantung Mata Bengkak

Terapi es dipercaya dapat menyamarkan kantung mata yang bengkak. Jika kantung mata bengkak karena menangis, atau karena hal lainnya. Cukup dengan melakukan perawatan dengan es batu.

Bungkus 2 es batu dengan kain atau plastik bersih. Letakkan es itu di atas mata tertutup, dan pijat secara lembut area yang bengkak selama 2 menit. Lakukan juga gerakan berputar secara perlahan.

6 dari 7 halaman

5. Mengecilkan Pori-pori

Manfaat lainnya yaitu membantu mengecilkan pori-pori wajah. Ini bermanfaat bagi seseorang yang mempunyai masalah kulit berminyak karena pori-pori terbuka. 

Oleskan es batu langsung ke wajah selama 2 sampai 3 menit. Lakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi, manfaat ini belum terbukti secara ilmiah. Sehingga membutuhkan studi lanjutan untuk membuktikan keefektifannya.

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: