Sukses

4 Cara Menghadapi Orang yang Suka Meremehkan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa individu secara sadar maupun tidak sadar sering kali memiliki sikap yang dapat menyakiti orang lain. Perilaku itu seperti ucapan yang menghina dan mengkritik terus-menerus.

Mereka biasanya memberikan komentar negatif hingga mengubah panggilan nama yang membuat tersinggung tanpa persetujuan. Mungkin ada yang mengira bahwa itu hanya guyonan antar teman. Tanpa disadari seseorang mungkin tidak setuju dengan guyonan tersebut.

Perilaku itu sangat berdampak negatif bagi seseorang dan dapat memengaruhi hidupnya. Pada beberapa orang, tindakan ini sulit dicegah karena berlindung dari kata 'bercanda' maupun bawa perasaan (baper).

Berikut beberapa sikap yang bisa dilakukan untuk menghadapi orang yang meremehkan Anda tanpa menimbulkan konflik, seperti melansir dari Bright Side, Minggu (28/2/2021). 

2 dari 6 halaman

1. Tahan Amarah

Bagi sebagian individu, reaksi pertama setelah menghadapi orang yang meremehkannya yakni muncul perasaan ingin marah. Itu adalah reaksi paling umum karena hal itu dianggap sebagai suatu ancaman.

Tapi, menunjukkan reaksi marah seharusnya bukan menjadi pilihan yang tepat. Pertama, kemarahan membuat diri berada dalam kondisi rentan. Itu karena mereka menunjukkan bahwa orang lain telah berhasil meremehkannya.

Kedua, kemarahan juga menimbulkan lebih banyak konflik. Saat bertindak karena marah, seseorang tidak benar-benar berpikir jernih. Pada akhirnya, itu dapat menjadi hal yang membuat diri merasa buruk.

3 dari 6 halaman

2. Jaga Jarak dari Situasi

Terkadang orang lain tidak menyadari bahwa perilaku itu dapat menyinggung perasaan seseorang. Sehingga orang itu mungkin membuat komentar negatif yang dapat mengubah sikap positif seseorang. 

Faktanya, orang itu hanya memproyeksikan ketakutan dan prasangkanya kepada seseorang. Jika diperlakukan dengan diremehkan, cara untuk pergi dalam situasi itu yakni dengan hanya menerima apa yang dikatakan mereka dan mulai menjauhinya.

4 dari 6 halaman

3. Memberi Respons

Ketika diri merasa bahwa komentar atau perilaku orang lain telah menyinggung perasaan. Cara terbaik yang harus dilakukan yaitu dengan menarik napas, dan membiarkan waktu berlalu sejenak sebelum memberi respons.

Setelah cukup, Anda dapat sedikit menanggapi komentar atau perilaku negatif itu secara positif. Hal ini dapat memberi Anda lebih banyak perspektif tentang apa yang baru saja terjadi. Selain itu, Anda juga belajar untuk membuat keputusan yang baik.

5 dari 6 halaman

4. Minta Penjelasan

Anda harus meminta penjelasan mengapa orang tersebut mengatakan hal yang menurut Anda tidak pantas. Anda harus mengetahui apa maksud di balik komentar atau perilaku yang orang tersebut berikan.

Meminta penjelasan untuk menghindari kesalahpahaman yang terjadi. Namun, jika itu benar-benar penghinaan, Anda harus berbicara dengannya secara ramah untuk menghindari konflik, serta meminta mereka untuk lebih berhati-hati dalam berbicara maupun bertindak.

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: