Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Lumut Laut Miliki 5 Manfaat untuk Kesehatan

Lumut laut menjadi jenis rumput laut yang tumbuh dan menempel di antara bebatuan yang terendam di lepas pantai.

Liputan6.com, Jakarta - Lumut laut atau dengan nama ilmiah Chondrus crispus ini tentu sering Anda jumpai ketika berada di laut yang penuh bebatuan. Lumut laut menjadi jenis rumput laut yang tumbuh dan menempel di antara bebatuan yang terendam di lepas pantai.

Tanaman ini biasanya dipanen dengan cara ditarik saat air laut surut. Lumut laut yang sudah terkumpul akan dikeringkan terlebih dahulu dan akan digunakan untuk keperluan kuliner, pengobatan hingga dikonsumsi sebagai suplemen.

Selain itu, tanaman ini nyatanya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (17/2/2021).

 

1. Tingkatkan Imunitas

 

Lumut laut mengandung banyak senyawa bioaktif yang memiliki aktivitas stimulant imun yang kuat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lumut laut bisa meningkatkan respons gen terkait kekebalan sel dan humoral, serta meningkatkan kekebalan seseorang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Baik untuk Kesehatan Kulit

 

Lumut laut kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Ini bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan menghilangkan masalah kulit seperti jerawat, kulit gatal dan kerutan. 

Selain itu, asam amino, asam lemak omega-3 dan kandungan mineral yang banyak di lumut laut bisa meningkatkan fungsi sel kulit yang sehat. Inilah alasan mengapa lumut laut digunakan di banyak produk kosmetik.

3 dari 5 halaman

3. Atasi Gangguan Pernapasan

 

Lumut laut sangat bagus untuk mengobati gangguan pernapasan seperti batuk, pilek, batuk kronis, bronkitis bahkan gejala Covid-19. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lumut laut memiliki khasiat antivirus dan bisa membantu mengeluarkan lendir. Hal ini disebabkan adanya lektin griffithsin, phycocolloid carrageenan dan sulfated polysaccharides pada lumut laut.

4 dari 5 halaman

4. Meningkatkan Kesehatan Emosional

 

Mineral, terutama yodium, kalsium dan magnesium berperan penting dalam menjaga kesehatan mental dan emosional seseorang. 

Mereka membantu meningkatkan fungsi otak dan mengelola masalah emosional seperti perasaan mudah marah dan perubahan suasana hati bersama dengan kondisi kesehatan mental lainnya, seperti kecemasan dan depresi.

5 dari 5 halaman

5. Lindungi Jantung

Lumut laut memiliki kandungan mineral yang luar biasa. Makanan super ini kaya akan mineral seperti natrium, fosfor, magnesium, kalium, besi, yodium dan seng.

Makanan laut memiliki kandungan mineral 10-100 kali lebih banyak dibandingkan sayuran darat. Mineral ini terutama membantu menjaga kesehatan jantung dan fungsi tiroid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.