Sukses

Sembuh dari Covid-19, 6 Organ Ini Bakal Kena Dampak Long Covid

Meski telah sembuh dari Covid-19, ada kalanya organ-organ berikut terkena dampak long covid pada pasien.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 tampaknya belum akan berakhir dan terus memengaruhi hidup kita dalam berbagai cara. Dari mengganggu fungsi normal kehidupan kita sehari-hari hingga menimbulkan risiko besar bagi kesehatan dan kebugaran kita.

Tidak hanya itu, Covid juga telah mengambil juga telah merampas kedamaian dan ketenangan mental kita. Walaupun gejala virus corona dapat berubah dari ringan hingga parah, begitu mulai memengaruhi kesehatan Anda secara parah, hal itu dapat berdampak besar pada banyak organ di tubuh dalam jangka panjang.

Karena itu, berikut penjelasan singkat tentang bagaimana COVID-19 cenderung memengaruhi 6 organ tubuh ini seperti dilansir dari TimesofIndia:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Organ pernapasan

COVID-19 adalah penyakit pernapasan, yang membuat paru-paru Anda lebih rentan rusak dalam jangka panjang. Pasien virus Corona atau individu yang telah sembuh dari infeksi sering mengeluh kelelahan, nyeri dada, dan sesak napas, yang semuanya merupakan tanda-tanda COVID-19.

Covid berpotensi menyebabkan perubahan inflamasi di paru-paru, yang dapat berdampak negatif pada jaringan dan kantung paru-paru. Ini dapat memengaruhi kesehatan pernapasan Anda dan merusak paru-paru Anda dalam jangka panjang.

 

3 dari 7 halaman

2. Hati

Terlepas dari masalah yang ditimbulkan oleh virus corona pada kesehatan dan mental kita secara keseluruhan, itu juga memengaruhi jaringan hati di dalam tubuh. Pada banyak pasien COVID atau orang yang telah sembuh dari infeksi, peningkatan tingkat enzim hati dan fungsinya yang abnormal telah dicatat.

Para dokter dan ahli medis menyatakan bahwa pada banyak pasien, fungsi hati tidak kembali normal, bahkan setelah sembuh, Ini bisa terjadi karena serbuan sitokin dalam tubuh, yang diakibatkan oleh obat-obatan yang diresepkan selama masa pemulihan. penyakit.

 

4 dari 7 halaman

3. Jantung

Detak jantung yang tidak normal, jantung berdebar, nyeri dada, dan kelelahan kronis adalah gejala COVID-19. Selain itu, dokter dan profesional medis telah mengamati dampak pasca-COVID yang masih ada pada kesehatan jantung orang-orang.

Selain itu, pembentukan gumpalan darah, kemungkinan stroke jantung juga merupakan salah satu risiko kesehatan utama yang dipicu oleh COVID-19.

 

5 dari 7 halaman

4. Ginjal

Di antara komplikasi medis lainnya, fungsi ginjal yang rendah juga menjadi salah satu masalah yang berkembang pada pasien yang sembuh dari COVID atau COVID. Dari mengalami produksi urin yang rendah dan jarang buang air kecil hingga berkembangnya disfungsi ginjal pasca-COVID, bahkan generasi yang lebih muda pun belum terhindar dari penyakit ini.

Mengingat seseorang menderita diabetes atau menderita tekanan darah tinggi, risiko terkena masalah ginjal jauh lebih tinggi.

 

6 dari 7 halaman

5. Otak

Akibat COVID-19, pasien juga mengalami radang ringan hingga parah, stroke, dan kejang di otak. Individu yang sembuh dari infeksi juga mengeluh mengalami kebingungan mental, sakit kepala, pusing dan penglihatan kabur selama dan setelah proses pemulihan mereka.

Studi juga mengklaim bahwa penyakit Alzheimer dan Parkinson mungkin merupakan beberapa efek jangka panjang dari COVID-19.

 

7 dari 7 halaman

6. Organ pencernaan

Masalah pencernaan dan komplikasi juga telah terjadi pada banyak pasien COVID. Orang-orang mengeluh diare, mual, kehilangan nafsu makan, sakit perut dan masalah pencernaan lainnya, bahkan setelah sembuh. Ini mungkin dipicu karena ketidakmampuan sistem pencernaan untuk menyerap nutrisi dan elektrolit penting saat menderita COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.