Sukses

Tips Belajar Mengaji dengan Baik dan Benar yang Bisa Diterapkan Sejak Dini

Mengaji merupakan salah satu metode pembelajaran bagi umat Muslim untuk dapat menghafal dan mengamalkan Al-quran.

Liputan6.com, Jakarta Mengaji merupakan salah satu metode pembelajaran bagi umat Muslim untuk dapat menghafal dan mengamalkan Al-quran. Bahkan sebisa mungkin mempelajari hal ini bisa dilakukan sejak dini. Agar kelak sang anak dapat mengamalkan isi di dalam Al-quran.

Salah satu metode mengaji adalah dengan belajar iqro. Iqro sendiri merupakan sebuah metode pembelajaran untuk menghafal huruf hijaiyah. Dengan iqro kita juga akan mengetahui bagaimana cara mengucapkan dan menulis huruf-huruf yang ada di dalam Al-quran.

Istimewanya lagi, selama proses belajar iqro ini secara perlahan diperkenalkan tajwid. Dengan izin Allah, orang yang belajar iqro ini dapat membaca Al-Quran dengan benar, yaitu dengan tartil dan bertajwid.

Iqro biasanya lebih mudah untuk dipahami karena bacaannya cenderung sederhana. Namun, tetap diperlukan cara khusus agar kita dapat lancar membaca huruf-huruf Arab dalam Iqro. Mungkin kita bisa dengan belajar oleh guru yang telah menguasai tartil dan tajwid dalam Al-quran.

Nah, berikut adalah urutan langkah-langkah dalam belajar mengaji. Yuk, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengenalan huruf hijaiyah

Huruf hijaiyah sangat penting untuk dipelajari dan dihafalkan karena ini merupakan dasar-dasar untuk membaca Al-quran bagi umat muslim. Huruf hijaiyah adalah huruf alfabet yang berasal dari Arab. Huruf hijaiyah dan cara bacanya memiliki aturan urutan yang berbeda dengan terminologi abjad.

Hal itu dikarenakan huruf di dalam Alquran menggunakan huruf hijaiyah, dan membaca Alquran wajib hukumnya dipahami oleh setiap muslim karena dalam menunaikan ibadah salat, umat Islam tentunya harus membaca surat-surat pendek yang terdapat di dalam Alquran.

Iqro sendiri memberikan metode untuk menghafal huruf-huruf hijaiyah secara dasar. Seperti mempelajari huruf alfabet, kita akan mengenal huruf ini secara satu persatu sampai kita menghafal dan menyebutnya dengan benar.

3 dari 5 halaman

Mengenal tanda baca

Langkah selanjutnya dari beajar mengaji dengan Iqro adalah kita dapat mengetahui tanda baca dalam melantunkan ayat suci Al-quran. Tanda baca ini biasa dikenal dengan istilah harakat dan dalam mempelajarinya disebut  ilmu tajwid. 

ara membaca Alquran tersebut dikarenakan tanda baca (harakat) ini berfungsi untuk menentukan bagaimana  pengucapan huruf  hijaiyah di dalam Alquran.

Sebagai contoh, jika dalam Bahasa Indonesia terdapat A I U E O, maka di bahasa Arab ada harakat.

Adapun untuk pengenalan lebih detail mengenai tanda baca harakat ini, kamu bisa mencari di buku tajwid Alquran yang banyak di jual di toko buku, atau bisa tanya (belajar) langsung ke Ustadz atau guru mengaji.

4 dari 5 halaman

Latihan dan praktik dengan sering

Kalian tidak akan pernah bisa fasih membaca Al-quran dengan fasih jika tidak sering-sering belajar dan mengaji secara rutin. Untuk itu, dalam mengaji iqro diperlukan waktu yang sering untuk membaca agar kalian terbiasa dan dapat membaca huruf-huruf hijaiyah dengan benar.

ahkan apabila seseorang lama tidak membaca Alquran dan berhenti belajar, maka kemungkinan akan lupa dengan pelafalan huruf dan hukum bacaan tertentu. Dan jangan lupa untuk mempraktekkannya secara langsuang.

Sebaiknya ketika sedang praktek membaca Alquran ada yang membimbing seperti guru ngaji atau orang tua kalian sendiri. Agar ada yang membenarkan ketika salah membacanya dan jangan lupa baca doa setelah membaca Alquran.

5 dari 5 halaman

Belajar dengan sungguh-sungguh dan rajin

Mengaji bisa dibilang memang sesuatu yang sangat sulit dilakukan. Mengingat kita juga memiliki aktivitas yang sibuk. Namun, jika ingin bisa menghafal Al-quran dengan baik dan benar sebaiknya luangkan lah sedikit waktu setiap harinya. 

Kita harus melakukannya dengan sungguh-sungguh mengingat mengaji dan membaca Al-quran merupakan salah satu ibadah dalam agama Islam yang juga dapat memberikan pahala dan kebaikan untuk kita semua.

Oleh karena itu, sudah sangat pasti bahwa ikhtiar tersebut pastinya akan selalu diganggu oleh Setan dan pasti akan selalu ada halangannya seperti malas, mengantuk dan lain lain. Namun harus selalu diingat sekali lagi bahwa ini termasuk ke dalam ibadah dan akan mendapatkan pahala sehingga harus belajar secara ikhlas dan rajin.

Nah, itu dia beberapa urutan langkah cara metode mengaji yang bisa kalian terapkan sedini mungkin. Buat kalian yang mau belajar mengaji secara online bisa streaming melalui aplikasi Vidio. Yuk, download Vidio sekarang juga untuk melihat berbagai macam tayangan yang bermanfaat bagi kita semua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.