Sukses

Ladies, 6 Makanan Ini Bantu Menyeimbangkan Hormon dalam Tubuhmu

Liputan6.com, Jakarta Ketidakseimbangan hormonal adalah kondisi medis umum yang dihadapi oleh pria dan wanita. Namun, meski banyak orang mengalami serangkaian masalah terkait hormon dalam hidup mereka, mereka tampaknya mengabaikan tanda dan gejala yang mengindikasikan masalah hormonal dalam tubuh mereka.

Hormon memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana perasaan kita, bagaimana kita bereaksi terhadap situasi dan juga memicu berbagai perubahan dalam tubuh kita, yang membuatnya semakin penting untuk mengunjungi dokter pada saat terjadi komplikasi. Namun, terkadang, hormon kita bisa sangat dipengaruhi oleh pilihan makanan yang kita buat.

Karena itu, jika Anda mencari alternatif makanan yang mudah dan di rumah untuk menyeimbangkan hormon Anda, berikut daftar untuk dirujuk. Melansir dari TimesofIndia, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 7 halaman

1. Brokoli

Terlepas dari semua manfaat kesehatan dan nutrisi, brokoli juga dapat membantu menjaga keseimbangan estrogen. Karena kandungan kalsiumnya yang tinggi, ia juga meredakan wanita dari sindrom pramenstruasi (PMS), yang dapat memicu gejala seperti perubahan suasana hati, payudara lembut, mengidam makanan, kelelahan, lekas marah dan Depresi.

Selain brokoli, sayuran silangan lainnya seperti brussels sprout, bok choy, dan kembang kol juga dapat membantu Anda melakukan hal yang sama.

 

3 dari 7 halaman

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan lainnya tidak hanya membantu Anda menjaga kesehatan jantung, tetapi juga memastikan keseimbangan hormon yang sehat.

Kaya akan nutrisi omega-3, ikan berlemak diketahui mengatur siklus menstruasi wanita dan juga membantu memerangi sindrom ovarium polikistik (PCOS), yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang drastis.

 

4 dari 7 halaman

3. Alpukat

Jika Anda mengalami banyak stres akhir-akhir ini, alpukat adalah buah favorit Anda, karena membantu Anda mengelola hormon stres. Selain itu alpukat juga dapat menurunkan kemungkinan terjadinya kolesterol tinggi dan menurunkan risiko terkena stroke.

 

5 dari 7 halaman

4. Delima

Kaya akan komponen antioksidan, buah delima membantu mengontrol produksi estrogen yang berlebihan dalam tubuh. Selain itu, juga mencegah bentuk kanker payudara yang berhubungan dengan estrogen.

 

6 dari 7 halaman

5. Biji rami

Biji rami adalah sumber lignan yang kaya, sejenis fitoestrogen, yang ditemukan pada tumbuhan. Ini tidak hanya membantu dalam menyeimbangkan hormon, tetapi komponen estrogenik dan anti-estrogenik dapat membantu melindungi wanita dari kanker payudara terkait hormon.

 

7 dari 7 halaman

6. Quinoa

Dikemas dengan vitamin, serat dan protein, ini membantu menjaga kadar gula darah yang tidak menentu, yang pada gilirannya menjaga kadar insulin dan androgen. Komponen anti-oksidan dan anti-inflamasi membantu mengurangi risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.