Sukses

Pramuka Spensa Muntilan Juara Umum LT - 2

Kwarran Pramuka Kecamatan Muntilan telah menyelenggarakan agenda tahunan Lomba Tingkat-2 (LT-2) pada 28 - 30 September 2012 yang lalu. Kegiatan pramuka tersebut bertempat di Dusun Kaweron, Desa Wonolelo, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

Citizen6, Muntilan: Kwartir Ranting (Kwarran) Pramuka Kecamatan Muntilan telah menyelenggarakan agenda tahunan Lomba Tingkat-2 (LT-2) pada 28 - 30 September 2012 yang lalu. Kegiatan pramuka tersebut bertempat di Dusun Kaweron, Desa Wonolelo, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Lomba Tingkat 2 Kwaran Muntilan ini diikuti lebih dari 100 Gugus Depan (Gudep) dari berbagai sekolah yang tersebar di seluruh Muntilan, baik pramuka siaga SD maupun pramuka penggalang SMP.

"Kegiatan Lomba Tingkat 2 ini merupakan ajang kompetisi regu inti Pramuka dari berbagai Gugus Depan di Kecamatan Muntilan. Lebih dari 100 Gudep ikut ambil bagian dalam LT 2012 ini baik dari tingkat Siaga SD maupun Penggalang SMP. Cukup meriah meski diundur pelaksanaannya hingga September karena pada Agustus 2012 lalu bertepatan dengan bulan ramadhan," demikian disampaikan Arif Wahyutoro, salah seorang Kakak Pembina Kwarran Pattimura.

Terdapat hal yang unik dalam pelaksanaan LT-2 Kwarran Muntilan yaitu tenda peserta dari berbagai gugus depan didirikan di halaman rumah warga dan tersebar di seluruh penjuru Dusun Kaweron. Hal ini bebeda halnya dengan pelaksanaan LT ditempat lain yang hanya terfokus di lapangan saja. Lapangan Dusun Kaweron hanya digunakan sebagai sekretariat panitia, tim kesehatan (PMI), dan panggung kegiatan pentas seni.

"Kami sudah membangun kerjasama yang baik dengan warga masyarakat Kaweron. Kami memohonkan izin kapling pendirian tenda peserta di halaman rumah warga. Kami berhaap dengan demikian adik-adik pramuka dapat belajar bersosialisasi dan bergaul dengan masyarakat secara baik,” lanjut Arif.

Banyak kegiatan yang diperlombakan di LT-2 ini diantaranya semapur, morse, ketangkasan, baris berbaris, kepahlawan, dan seni budaya. Kesuluruhan rangkaian lomba diikuti oleh peserta dengan dengan penuh semangat dan totalitas. Kegiatan LT-2 ini pun menjadi wisata edukasi alternatif bagi warga masyarakat Muntilan dan sekitarnya serta mampu memberikan peluang usaha bagi warga Kawron khususnya.

Juara Umum pelaksanaan LT-2 Kwarran Muntilan diraih oleh Gugus Depan SMP Negeri 1 (Spnsa) Muntilan. Dimana SMP Negeri 1 Muntilan berhasil meraih empat piala kejuaraan yaitu Juara 1 Regu Putra A, Juara 1 Regu Putri A, Juara Harapan 1 Regu Putra A, dan Juara 2 Regu Putri B. Dengan demikian SMP Negeri 1 Muntilan berhasil mempertahankan dominasi dan track record juara.

“Kami senang adik-adik berhasil mempersembahkan yang terbaik untuk SMP Negeri 1 Muntilan. Kejuaraan ini diperoleh melalui proses yang panjang bukan hal yang instan. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka menjadi ajang berlatih yang utama selain persiapan intensif menjelang lomba. Kemenangan ini bukan sekedar milik Pramuka Gudep SMP Negeri 1 Muntilan tetapi adalah kemenangan seluruh keluarga besar SMP Negeri 1 Muntilan,” ungkap Edi Purwanto, Pembina Pramuka.

Raut wajah penuh kegembiraan tampak jelas menghiasi anggota regu pramuka Gudep SMP Negeri 1 Muntilan. Rasa lelah mengikuti rangkaian LT-2 telah terbayarkan dengan empat piala yang diboyong beserta predikat juara umum. “Kami senang sekali, usaha kami tidak sia-sia dan telah membuahkan hasil yang maksimal. Hidup Pramuka Spensa!” pungkas Chaterina Tania, salah satu anggota regu. (Ary Gunawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.