Sukses

Jual Ginjal untuk iPhone, Kini Pria Ini Harus Terbaring di Ranjang Seumur Hidup

Liputan6.com, Beijing Saat seri iPhone 12 diluncurkan Apple pada Oktober lalu, orang-orang tak berhenti membicarakannya. Ada yang membahas fitur-fiturnya yang makin canggih, namun banyak yang mengomentari harganya yang makin mahal.

Warganet kemudian membuat meme dan lelucon lucu. Beberapa guyonan tersebut berisi orang rela mencuri uang atau menjual ginjalnya demi mendapatkan iPhone terbaru.

 

2 dari 6 halaman

Menjual ginjalnya untuk beli iPhone

Faktanya, itu benar-benar pernah dilakukan oleh seorang pemuda berusia 25 tahun di Tiongkok. Pada 2011, Wang Shangku menjual salah satu ginjalnya agar bisa membeli 2 perangkat Apple.

Saat itu, Wang berusia 17 tahun dan belum memiliki penghasilan sendiri. Karena putus asa, ia memutuskan untuk mengiyakan tawaran seorang pemanen organ di chatroom online.

 

3 dari 6 halaman

Membeli 2 perangkat Apple dari hasil menjual ginjal

Wang diberitahu bahwa ia bisa mendapatkan 20.000 yuan atau sekitar US$ 3.000 pada saat itu. Pemuda itu kemudian menjalani operasi ilegal di provinsi Hunan tengah di mana ginjal kanannya diangkat.

Wang mendapatkan uang sebesar US$ 3273 dari hasil menjajakan ginjalnya di pasar gelap pada saat itu. Menurut laporan Vice, ia kemudian membeli iPhone 4 dan iPad2 dengan uang hasil menjual ginjalnya tersebut.

 

4 dari 6 halaman

9 tahun kemudian

Itu cerita 9 tahun yang lalu. Keadaannya saat ini sangat tragis. Ternyata beberapa bulan setelah operasi, ginjal Wang yang lain mengalami infeksi.

Sebuah laporan dari NPR mengatakan bahwa ibu Wang menjadi curiga setelah operasi ilegal yang dilakukan anaknya dan berujung dengan pengakuan pemuda itu. Sebanyak 9 orang ditangkap atas tuduhan perdagangan organ.

 

5 dari 6 halaman

Harus terhubung dengan mesin dialisis

Kini tubuh Wang harus selalu terhubung dengan mesin dialisis (mesin pencuci darah) akibat defisiensi ginjal. Kemungkinan besar, ia harus terbaring di tempat tidurnya seumur hidup akibat hal tersebut kecuali ia mendapatkan donor ginjal.

Sebuah iPhone terbukti harus dibayar mahal oleh anak muda tersebut.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: