Sukses

Jangan Diabaikan, 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Dapat Merusak Gigi

Liputan6.com, Jakarta - Kapan terakhir kali Anda memeriksakan kesehatan gigi? Tentu masih banyak dari kita yang belum benar-benar sadar akan pentingnya kesehatan gigi kan?

Jika memang benar kita tidak mempunyai cukup waktu untuk rutin memeriksakan gigi, maka ada baiknya kita menghindari kebiasaan yang dapa memperburuk kesehatan gigi. 

Tanpa disadari, rupanya ada beberapa kebiasaan sepele yang ternyata dapat merusak gigi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya. 

2 dari 7 halaman

1. Kebanyakan Ngemil

Saat ngemil, Anda menghasilkan lebih sedikit air liur dibandingkan saat makan besar. Apa konsekuensinya? Akibatnya sisa makanan menempel di gigi dalam waktu yang lama bahkan beberapa jam setelah ngemil.

Apalagi jika Anda menyukai jajanan manis atau mengandung banyak gula. Jika Anda sangat menyukai camilan, usahakan untuk selalu membersihkan atau menggosok gigi setelah mengemil.

3 dari 7 halaman

2. Minum Jus Buah

Jus mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Sayangnya, kita masih sering memilih minum jus dicampur dengan gula manis.

Padahal buahnya saja sudah cukup mengandung gula sehingga akan sangat manis jika ditambahkan gula. Jadi jika ingin minum jus buah sebaiknya tidak menambahkan gula atau tambahkan lebih banyak air.

4 dari 7 halaman

3. Membuka Bungkus atau Tutup Botol dengan Gigi

Gigi digunakan untuk membantu kita mengunyah makanan dengan benar. Membuka tutup botol atau plastik pembungkus dengan gigi akan hanya menyebabkan gigi retak atau bahkan patah.

5 dari 7 halaman

4. Minum Soda dan Kopi

Air soda mengandung 11 sendok teh gula. Selain itu, air soda juga mengandung fosfat dan asam sitrat yang dapat menghilangkan enamel gigi.

Bagaimana dengan soda bebas gula? Soda bebas gula mungkin memiliki kandungan gula yang lebih rendah, tetapi dapat mengandung lebih banyak asam dalam bentuk pemanis buatan. Dengan kopi, kopi akan menodai dan membuat gigi kita menguning.

6 dari 7 halaman

5. Mengunyah Es Batu

Es batu memang tidak mengandung gula, tapi bukan berarti mengunyah es batu juga bagus. Mengunyah es dapat membuat gigi Anda retak atau patah.

Belum lagi suhu es batu yang dingin akan membuat gigi semakin sensitif. Jika Anda benar-benar ingin mengunyah es batu, Anda bisa menggunakan permen karet bebas gula.

Penulis

Fayola Gishlaine

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: