Sukses

Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Menyebabkan Bibir Menjadi Gelap

Memiliki bibir berwarna gelap tentunya mengganggu penampilan hingga rasa percaya diri, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bibir gelap kerap menjadi masalah serius bagi para wanita dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Ini mengapa para wanita suka menggunakan lipstik untuk menutupi bibirnya yang gelap.

Jika Anda merasa telah melakukan perawatan pada bibir gelap Anda tetapi masih tidak kunjung berhasil, mungkin kesalahannya bukan terletak pada perawatannya.

Namun kebiasaan yang Anda lakukanlah yang tanpa disadari menyebabkan bibir menjadi gelap. Ya, rupanya ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu bibir berwarna gelap. Melansir dari laman Womantalk berikut rangkumannya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tidak Membersihkan Sisa Lipstik

Jika Anda malas membersihkan sisa lipstik usai seharian beraktivitas, mungkin ini salah satu penyebab bibir menjadi gelap. Pasalnya bahan kimia dalam lipstik yang dibiarkan terlalu lama dapat membuat pigmen bibir akan menjadi lebih gelap. Jika Anda tidak ingin bibir gelap, usahakan untuk rajin membersihkan sisa lipstik secara menyeluruh.

3 dari 7 halaman

2. Kandungan Lipstik yang Dipakai

Sebelum membeli lipstik cobalah untuk selalu memperhatikan kandungan yang tertera di label kemasan. Anda harus menghindari lipstik yang mengandung isopalmitate sebacate, ricinoleic acid, dipentaerythritol fatty acid dan coal tar. Kandungan ini bisa menimbulkan reaksi alergi pada bibir sehingga menyebabkan bibir menjadi gelap.

4 dari 7 halaman

3. Paparan Sinar Matahari

Bibir adalah bagian tubuh manusia yang paling mungkin mengalami hiperpigmentasi karena terpapar sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Produksi melanin yang berlebihan akan membuat bibir menjadi gelap. Sebagai pencegahan, gunakan lip balm yang mengandung SPF.

5 dari 7 halaman

4. Terlalu Banyak Kafein

Konsumsi minuman panas berkafein secara teratur, seperti kopi atau teh, dapat menyebabkan bibir menjadi lebih gelap. Kafein adalah diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil.

Diuretik yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi karena cairan terus mengalir melalui urin. Pada saat yang sama, dehidrasi itu sendiri dapat membuat bibir pecah-pecah, tidak sehat, dan dapat berubah warnanya menjadi lebih gelap.

6 dari 7 halaman

5. Sering Menjilat dan Menggigit Bibir

Menjilat dan menggigit bibir adalah hal yang sepele dan justru bisa merusak kesehatan bibir. Kebiasaan ini justru akan membuat bibir menjadi lebih kering dan jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menggelapkan bibir.

7 dari 7 halaman

6. Kurang Merawat Bibir

Sama seperti anggota tubuh lainnya, bibir membutuhkan perawatan ekstra. Apalagi jika Anda memakai lipstik setiap hari. Jika Anda ingin menjaga warna bibir tetap natural. Jangan pernah malas menggunakan lip balm secara rutin. Selain itu, lakukan eksfoliasi bibir minimal dua kali seminggu untuk mencegah penumpukan residu lipstik dan mengangkat sel kulit mati di bibir.

Ini adalah kebiasaan sepele yang bisa membuat bibir menjadi gelap. Agar bibir tidak menggelap, hindari kebiasaan buruk ini dan mulailah merawat bibir Anda.

Penulis:

Fayola Gishlaine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.