Sukses

Telkom University Masuk Jajaran Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi THE

Times Higher Education (THE) telah merilis perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2021.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia, Times Higher Education (THE) telah merilis perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2021. Pemeringkatan yang dilakukan oleh THE ini sudah diakui secara global.

Penilaian yang dilakukan oleh THE ini terdiri dari lima indikator, diantaranya pengajaran, penelitian, kutipan, penyerapan industri dan pandangan internasional.

Dari 1.500 universitas, terdapat sembilan universitas Indonesia yang masuk ke dalam ranking THE World University 2021. Delapan di antaranya adalah universitas negeri dan hanya satu universitas swasta yang masuk ranking. Satu-satunya universitas swasta tersebut adalah Universitas Telkom (Telkom University).

Hal itu juga diungkapkan Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya. Dia mengatakan, Telkom University termasuk dalam 10 besar perguruan terbaik di Indonesia versi THE.

“Telkom University masuk dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik versi Times Higher Education. Bahkan Telkom University menjadi Perguruan Tinggi Swasta nomor 1 di Indonesia,” ungkap Rektor Telkom University.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Raih Skor Tertinggi untuk Kategori Citation

Dari kelima indikator itu, Telkom University meraih skor tertinggi pada kutipan (citation). Skor inilah yang membuat Telkom menjadi perguruan tinggi terbaik versi THE untuk kategori skor citations di Indonesia.

Indikator citation ini dilakukan penilaian dengan cara mengukur peranan universitas dalam menyebarkan pengetahuan dan gagasan baru. THE penghitung berapa kali sebuah perguruan tinggi dikutip oleh para sarjana secara global.

 

3 dari 3 halaman

Masuk dalam 9 PTS Terbaik di Indonesia

Secara keseluruhan, THE melakukan pemeringkatan dimana Telkom University termasuk ke dalam sembilan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Telkom berada di urutan ke-8 dengan skor keseluruhan sebesar 15.09 versi THE World University Ranking.

Pencapaian tersebut juga telah mengantarkan Telkom menjadi Universitas swasta terbaik di Indonesia.

Sementara untuk versi Kemenristek dikti dan Webometrics, Telkom University juga menjadi PTS nomor satu di Indonesia. Bahkan Telkom University juga mendapatkan QStar 2020 bintang 5 untuk kategori online learning.

Ini tentu saja menjadi pencapaian terbaik bagi Telkom University karena sudah memberikan kontribusi terbaik untuk bangsa Indonesia. Pencapaian tersebut tentu bisa menjadi pemicu baik terutama untuk civitas akademika untu terus berkontribusi terhadap masyarakat dan banga Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.