Sukses

Ini Sebab Mengapa Ada Kotoran di Mata Setelah Kamu Tidur

Pernah bertanya-tanya mengapa banyak kotoran di mata setelah Anda bangun tidur?

Liputan6.com, Jakarta Saat bangun di pagi hari, Anda pasti kerap menemukan kotoran di mata. Ini adalah fungsi alami mata dan kotoran itu memiliki tujuan. Tapi pada saat yang sama, ini juga bisa berarti masalah.

Ada beberapa sebab mengapa kotoran itu muncul di mata. Berikut alasannya:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Karena mata tertutup sepanjang malam

Saat Anda tidur, kotoran ini menumpuk di sudut mata dan kadang bahkan di sepanjang garis bulu mata. Mereka muncul karena mata Anda tak bisa melumasi sendiri dirinya seperti saat Anda berkedip.

 

3 dari 6 halaman

2. Ini adalah komponen penting kesehatan mata yang baik

Kotoran mata bisa basah dan lengket atau kering dan berkerak. Ini berasal dari selaput air mata Anda yang dikeluarkan saat Anda berkedip dan membuat mata Anda tetap dilumasi.

Ini juga merupakan mekanisme pertahan tubuh Anda yang melindungi mata Anda dari hal-hal seperti bakteri.

 

Di sisi lain, ini juga bisa merupakan kompilasi dan pertanda kesehatan mata yang kurang baik. Berikut ini sebabnya:

 

4 dari 6 halaman

1. Anda memiliki mata kering

Mata kering biasanya terjadi saat Anda menatap layar ponsel atau komputer dalam waktu lama, bahkan saat Anda berada di tempat ber-AC. Mata Anda tak mendapatkan cukup air mata yang seharusnya melumasinya dan ini memengaruhi kotoran mata yang terasa pering.

 

5 dari 6 halaman

2. Anda tak cukup sering membersihkan mata

Saat bangun tidur, Anda mungkin rutin segera memeriksa ponsel atau menggosok gigi. Padahal seharusnya Anda benar-benar menghapus kotoran di mata Anda terlebih dahulu.

Salah satu langkah penting untuk menghilangkannya dengan benar adalah dengan membasahi kain lap atau menggunakan air hangat.

 

6 dari 6 halaman

3. Mata Anda mungkin terinfeksi

Jika Anda sering melihat kotoran mata ini, ini tidak normal. Anda mungkin perlu menghubungi dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki tanda-tanda infeksi mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.