Sukses

Hilangkan Jerawat hingga Cegah Penuaan Dini, 5 Khasiat Buah Pisang untuk Wajah

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka buah pisang yang kerap kita konsumsi nyatanya menawarkan begitu banyak manfaat kecantikan untuk kulit. Pasalnya pisang kaya akan antioksidan, fitokimia dan kelembaban yang tinggi. 

Buah ini akan menutrisi dan merevitalisasi kulit kering serta menghaluskan kulit kasar dan mencegah penuaan dini. Jika Anda memiliki kulit berminyak yang cenderung berjerawat, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengontrol minyak dan mengurangi jerawat.

Ada banyak nutrisi kuat yang terkandung dalam buah ini yang menjadikannya pelengkap sempurna untuk masker wajah alami Anda. Tak hanya buahnya, kulit pisang juga bermanfaat bukan hanya untuk kulit Anda tapi juga kesehatan secara keseluruhan. 

Dilansir dari bellatorry.com, berikut beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan wajah. 

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pelembab Kulit

Pisang kaya akan potasium yang dapat membantu melembabkan kulit kering sehingga dapat membuatnya lembut dan kenyal. Jika kulit Anda terkelupas dan kering, cukup oleskan masker pisang ke wajah Anda.

Cara membuatnya dengan menyiapkan mangkuk kecil, lalu tumbuk pisang matang hingga halus dan oleskan ke wajah. Hindari area di sekitar mata dan mulut. Bilas dengan air dingin setelah 10 hingga 15 menit dan nikmati kulit Anda yang terasa lembut.

3 dari 6 halaman

2. Kontrol Minyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, gunakanlah masker pisang dengan campuran lemon dan madu. Campuran ini mengandung kelembaban, kalium, vitamin E dan C, yang bermanfaat untuk kulit yang bersih dan bercahaya.

Caranya hancurkan pisang matang dan campurkan 1 sendok makan madu mentah dan 1/2 sendok teh jus lemon untuk membuat masker wajah yang menakjubkan. Lalu bilas dengan kain basah atau air dingin.

4 dari 6 halaman

3. Anti Penuaan

Pisang juga dikenal sebagai botoks alami yang mengandung nutrisi penangkal kerutan super yang membantu memudarkan flek serta mencegah terbentuknya garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

Ditambah dengan bahan dapur penghilang kerutan lainnya, Anda dapat menutrisi, mengekfoliasi dan melindungi kulit wajah dengan lembut. Caranya oleskan lapisan tebal masker pisang yang terdiri dari campuran satu buah pisang yang sudah tumbuk, satu sendok teh perasan jeruk dan satu sendok teh yogurt kental.

5 dari 6 halaman

4. Mengobati Jerawat

Pisang dan kulitnya adalah pengobatan rumahan yang sangat baik untuk mengobati jerawat dan jerawat. Anda bisa langsung mengoleskan bagian dalam kulit pisang ke jerawat Anda untuk mengurangi peradangan dan mematikan bakteri.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan masker wajah dengan dengan campuran madu, dan kunyit untuk mencerahkan kulit, mengurangi jerawat, dan melembabkan kulit. Usai menggunakannya cuci bersih dengan air dingin dan tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering. Ingatlah untuk konsisten menggunakannya agar hasil maksimal.

6 dari 6 halaman

5. Mencerahkan Flek Gelap

Baik itu bekas jerawat, tahi lalat kecil, bintik-bintik penuaan, atau hanya bintik hitam yang membuat wajah Anda kusam, Anda dapat menguranginya dan meratakan warnanya dengan mengoleskan pisang tumbuk ke wajah setidaknya dua kali seminggu.

Penulis:

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.