Sukses

Wajib Coba, Ini 3 Makanan yang Mampu Cegah Tumbuhnya Jerawat

Ada berbagai faktor yang membuat jerawat terus muncul, seperti jenis makanan yang kita konsumsi. Lantas, makanan apa saja yang bisa mencegah timbulnya jerawat?

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat kerap kali menjadi momok bagi kaum hawa. Pasalnya, munculnya jerawat di wajah bisa mengurangi rasa percaya diri dan merusak suasana hati.

Terdapat berbagai macam penyebab munculnya jerawat. Mulai dari stres, perubahan cuaca, salah menggunakan produk, sampai dengan pola makan yang salah.

Bagi sebagian orang mengonsumsi makanan yang berminyak mampu menimbulkan kulit yang mudah berjerawat. Hal tersebut membuktikan betapa pentingnya menjaga jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Oleh karena itu, kita perlu selektif saat memilih makanan agar wajah terhindar dari jerawat. Berikut jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah tumbuhnya jerawat.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sayuran Hijau Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini terkenal kaya akan manfaat untuk kesehatan kulit. Brokoli kaya akan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas, memperbaiki kerusakan sel, dan mencegah kulit berjerawat.

Kandungan vitamin A,B,C,E, dan K mampu membantu melawan kerusakan kulit dan membuat wajah tampak cantik secara alami. Kamu bisa mengonsumsi brokoli dengan cara direbus atau ditumis agar tak merusak kandungan yang ada pada brokoli. 

3 dari 4 halaman

Konsumsi Kacang-kacangan

Faktanya, kacang tak akan menjadi penyebab timbulnya jerawat kalau diolah dengan benar. Hal ini karena di dalam kacang-kacangan terdapat kandungan selenium, vitamin E, kalsium, dan zat besi yang baik bagi kesehatan kulit.

Mengonsumsi kacang justru dapat mengurangi jerawat karena kaya dengan kandungan asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai anti radang. Jenis kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi adalah kacang almond atau kacang mete yang mengandung asam oksalat untuk merawat kulit dan mencegah tumbuhnya jerawat.

Sebaiknya olah kacang dengan cara dipanggang dan hindari mengonsumsi kacang yang digoreng. Pasalnya, kacang yang digoreng mengandung lemak yang tinggi.

4 dari 4 halaman

Ikan Salmon

Ikan salmon diketahui mampu mencegah timbulnya jerawat karena mengandung dua asam lemak, yaitu asam eicosapentaenoic (eicosapentaenoic acid atau EPA) dan asam docosahexaenoic (docosahexaenoic acid atau DHA). Kedua asam tersebut memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang bisa melindungi kulit dari jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.