Sukses

Jangan Menyisir Rambut dari Kulit Kepala Lalu ke Ujung, Ini Efeknya Bagimu

Liputan6.com, Jakarta - Saat menyisir rambut, seringkali kita melakukannya terlalu kasar. Padahal, menyisir terlalu keras atau bahkan menyisirnya dengan sikat rambut yang salah dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Menurut laporan Daily Star, merek rambut Tangle Teezer telah melakukan penelitian untuk melihat seberapa banyak wanita khawatir tentang kerusakan yang mereka lakukan pada rambut. Hasilnya, dari 2.000 wanita yang disurvei, 4 dari 10 khawatir akan tindakan buruk terhadap rambut mereka.

Seperlima wanita percaya bahwa tak apa-apa untuk menyisir secara kasar saat melewati bagian rambut yang tersimpul atau kusut. Menurut pendiri Tangle Teezer, Shaun Pulfrey, kesalahan-kesalahan seperti ini harus dihindari.

 

2 dari 5 halaman

Kebiasaan yang salah

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah menyisir rambut dimulai dari kulit kepala ke bawah. Ini sebenarnya dapat menyebabkan rambut bercabang, lebih banyak simpul di rambut, dan akhirnya, rambut pun rusak.

Sebaliknya, menurut Shaun, Anda seharusnya menyikat rambut dimulai dari ujung rambut Anda dan naik ke atas. Ini memastikan bahwa semua kusut ditangani dengan hati-hati tanpa merusak rambut dalam prosesnya.

"Ini mengkhawatirkan melihat betapa banyak wanita menyikat rambut mereka secara tak benar dan menyebabkan kerusakan yang tak perlu pada rambut mereka. Apapun tekstur rambut, penting untuk menggunakan sikat rambut yang lembut," ujar dia.

 

3 dari 5 halaman

Daftar kesalahan dalam menyisir rambut

Menurut Shaun, hal lain yang memprihatinkan adalah bahwa kebanyakan wanita menggunakan satu sikat untuk semua jenis rambut. Padahal, tak peduli seberapa menggoda untuk menarik atau memotong simpul, yang paling baik adalah bila Anda menggunakan sikat rambut pemisah.

Berikut ini daftar hal-hal yang seharusnya tak boleh Anda lakukan terhadap rambut:

  1. Menghindari menyisirnya saat basah karena takut ini akan merusak rambut
  2. Menyikat terlalu keras
  3. Menyikat dari kulit kepala ke bawah
  4. Menggunakan sisir yang sudah usah
  5. Menggunakan sisir yang tidak khusus untuk memisahkan kusut
  6. Satu sisir dipakai oleh beberapa orang
  7. Menguraikan kusut di rambut dengan kasar
  8. Tak menggunakan sisir khusus untuk jenis rambut masing-masing
  9. Menggunakan sisir yang tak memiliki bulu/gigi fleksibel
  10. Menggunakan satu sikat rambut untuk berbagai jenis rambut

 

4 dari 5 halaman

Gunakan sisir yang tepat

Studi ini juga menemukan bahwa tiga perempat wanita mengaku menggunakan sikat rambut yang sama untuk semua aspek perawatan rambut mereka. Padahal, sangat penting untuk menggunakan alat yang berebda untuk tugas yang berbeda seperti menyisir rambut basah, melepaskan rambut yang kusut, atau bahkan mengeringkan rambut.

"Menggunakan sikat rambut yang tepat untuk jenis rambut Anda akan membantu mengatasi kerusakan atau kerontokan rambut lewat trauma mekanis," ujar Shaun.

Menurutnya, itu bisa disebabkan oleh alat-alat seperti pelurus rambut, penjepit keriting, atau bahkan proses pewarnaan rambut yang cukup sering.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: