Sukses

Viral, Fenomena Unik ‘Awan Pelangi’ di Langit Jepang

Berbeda dengan awan pada umumnya, awan tersebut malah nampak layaknya sebuah pelangi yang memiliki beragam warna.

Liputan6.com, Jakarta Fenomena langka baru-baru ini terlihat di Jepang. Pemandangan unik dan jarang terjadi terlihat di langit Tokyo Jepang beberapa saat lalu.

Dikutip dari OddityCentral, Jumat (26/6) lalu terlihat awan warna-warni atau awan pelangi di langit Tokyo.

Berbeda dengan awan pada umumnya yang berwarna putih bersih, awan tersebut malah nampak layaknya sebuah pelangi yang memiliki beragam warna.

Foto-foto ‘awan pelangi’ tersebut menjadi perbincangan warga di sana usai diunggah oleh laman Weather News Japan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fire rainbow

Rupanya fenomena awan langka ini disebut dengan Circumhorizontal Arc atau dikenal juga dengan sebutan ‘fire rainbow’ karena terkadang terlihat seperti warna-warni yang menyala di langit.

Fenomena ini terjadi ketika matahari melewati awan cirrus dengan lebih banyak “Kristal es” di langit atas, ia menghasilkan 58 derajat setelah pembiasan. Sehingga awan-awan itu akan nampak seperti pelangi yang terbakar di langit.

 

3 dari 3 halaman

Umum terjadi di Amerika

Menariknya, fenomena ini terbilang umum terjadi di beberapa negara dunia seperti Amerika Serikat, di mana fenomena ini dapat terlihat beberapa kali setiap musim panas. Namun fenomena ini sangat jarang terjadi di tempat lain, seperti di Eropa utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.