Sukses

Ada Lomba Merancang Desain Toilet Luar Angkasa dari NASA, Hadiahnya Rp 280 Juta

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara astronot buang air di luar angkasa? Berikut adalah video pendek yang menunjukkan bagaimana para astronot buang air kecil dan buang air besar di Stasiun Luar Angkasa, dan sepertinya terlihat tidak nyaman.

Astronot menunjukkan pipa kuning tersebut dimaksudkan untuk buang air kecil, sementara kursi kecil dengan lubang kecil tersebut dimaksudkan untuk buang air besar.

 

"Seperti yang bisa kamu lihat, itu cukup kecil, jadi kamu harus bisa menempatkannya dengan benar sehingga kotoranmu tidak melayang di sekitarmu."

 

2 dari 6 halaman

Hadiahnya Rp 287 juta

Mungkin karena rumitnya itulah, NASA memutuskan membuat kontes desain toilet luar angkasa yang disebut Lunar Loo Challenge. Hadiah utama kompetisi ini adalah uang senilai 20 ribu dolar AS atau sekitar 287 juta rupiah, sementara untuk pemenang kedua dan ketiga masing-masing akan mengantongi 10 ribu dolar AS dan 5 ribu dolar AS atau sekitar 143 juta rupiah dan 71 juta rupiah.

 

3 dari 6 halaman

Harus bisa bekerja di gravitasi nol

Melansir dari World of Buzz, NASA tampaknya telah menetapkan tujuan untuk mengirimkan sekelompok astronot ke bulan pada tahun 2024 dan toilet baru dibutuhkan. Menurut CNN, badan antariksa ini dapat mengadaptasi desain baru untuk pendaratannya. Oleh karena itu, diperlukan toilet yang bekerja dalam gaya berat nol gravitasi serta di bulan di mana gravitasinya adalah seperenam bumi.

 

4 dari 6 halaman

Harus hemat air

Juga terungkap bahwa toilet itu harus dapat digunakan untuk pria dan wanita. Persyaratan lainnya adalah desain toilet juga harus menghemat air sehingga dapat membantu menjaga lingkungan yang bersih di dalam pesawat yang bebas dari bau dan kontaminan lainnya.

"Poin bonus akan diberikan pada desain yang dapat menangkap muntah tanpa mengharuskan anggota kru untuk meletakkan kepalanya di toilet."

 

5 dari 6 halaman

Berakhir 17 Agustus 2020

Selain itu, Lunar Loo nantinya harus mudah dibersihkan dirawat serta harus memiliki waktu penyelesaian lima menit atau kurang antara penggunaan. Pedoman untuk toilet juga harus hanya membutuhkan daya 70 watt dan untuk membuat "lebih sedikit suara daripada kipas kamar mandi rata-rata."

NASA juga menginginkan toilet baru itu memiliki berat kurang dari 33 pound (sekitar 15kg) di Bumi dan volumenya kurang dari 0,12 meter kubik (sekitar 120 liter). Lomba tersebut akan ditutup pada 17 Agustus 2020.

Punya ide tentang toilet luar angkasa? Apalagi yang Anda tunggu?

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: