Sukses

Unik, Dengan Benda Ini Kamu Bisa Buat Face Shield dari Bungkus Makanan

Sebuah perusahaan desain grafis di Korea Selatan memiliki ide unik untuk membuat bingkai face shield yang berbeda dengan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Di era new normal seperti saat ini, kita dihimbau untuk mengenakan masker ketika keluar rumah untuk menghindari penularan Corona atau Covid-19.

Tapi tak sedikit pula yang mengenakan pengaman ekstra seperti face shield ketika harus beraktivitas di tempat umum dan bertemu banyak orang.

Dengan mengenakan face shield memang dikatakan dapat lebih efektif mencegah penularan virus Covid-19. Tak heran banyak perusahaan yang kini mulai memproduksi face shield.

Namun, sebuah perusahaan desain grafis di Korea Selatan memiliki ide unik untuk membuat bingkai face shield yang berbeda dengan lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bingkai face shield unik

Perusahaan bernama mmm design studio membuat sebuah bingkai yang memungkinkan seseorang untuk mendaur ulang plastik bungkus snack atau sejenisnya menjadi sebuah face shield.

Melansir dari Insider, Rabu (17/6/2020), bingkai tersebut dibuat menyerupai kacamata dengan klip pada bagian atas dan bawahnya.

3 dari 5 halaman

Bekas bungkus makanan

Pada bingkai tersebut, kamu bisa memasukkan plastik atau kemasan transparan apapun untuk dijadikan face shield termasuk bekas bungkus makanan.

"Saya mendengar tentang kurangnya persediaan medis dan berpikir mungkin akan sangat membantu jika memiliki pelindung wajah yang dapat dengan mudah dicetak dan juga dapat dengan mudah diganti untuk mencegah kontaminasi," kata Pak Kitae, salah satu pembuat face shield unik itu.

4 dari 5 halaman

Tak diproduksi secara masal

Sayangnya, Kitae mengatakan bahwa saat ini perusahaan tersebut tidak berencana untuk memproduksi bingkai face shield unik itu. Namun, jika ada orang yang merasa tertarik, mereka bisa menghubungi perusahaan untuk meminta file model 3Dnya.

Nantinya dengan file tersebut, seseorang bisa mencetak bingkai face shield-nya sendiri dengan menggunakan printer 3D. Setelah dicetak, orang tersebut bisa memotong, memasukkan benda berbahan plasik dan mengencangkannya.

5 dari 5 halaman

Berharap ada yang mematenkan

Menurut Kitae kemasan transparan merupakan bahan terbaik yang bisa digunakan karena mudah dan murah didapatkan. Kitae berharap idenya ini dapat menginspirasi orang lain untuk memproduksinya secara masal bahkan mematenkannya.

"Orang yang mencoba ini berpikir bahwa ini adalah ide yang sangat bagus dan menyarankan agar kita mematenkannya," kata Kitae.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.