Sukses

4 Hal Penting yang Harus Seorang Ibu Ajarkan Agar Anak Perempuannya Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak hal yang bisa dilakukan seorang ibu yang penuh kasih untuk putri kecilnya. Salah satu misi paling penting adalah mengajarkan putrinya pelajaran hidup yang bermakna yang dapat membantunya menjadi orang dewasa yang lebih kuat dan lebih bahagia.

Berikut 4 hal penting yang harus diajarkan seorang ibu pada gadis kecilnya, seperti dilansir dari Brightside.me.

1. Ajarkan dia bahwa "tidak" adalah jawaban yang diperbolehkan

Kebanyakan orang tua mengajarkan anak-anak mereka untuk bersikap sopan dan menghormati orang lain, memilih kata-kata yang tak boleh menyinggung orang lain. Terlebih pada anak perempuan, mereka diajarkan untuk selalu menuruti apapun kata orang tua atau yang lebih tua.

 

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

Padahal kita juga perlu mengajarkan anak untuk berani mengatakan "tidak." Banyak anak yang menjadi sasaran pelecehan mulai dari psikologis hingga fisik. Mayoritas karena mereka tak berani menolak permintaan dari pelaku.

Para ahli percaya bahwa mengajarkan anak Anda untuk berani mengatakan "tidak" amat penting untuk memastikan keselamatan mereka. Ada berbagai skenario kehidupan di mana Anda perlu mengajarkan anak kapan perlunya mengatakan "tidak" secara jelas dan tegas.

 

3 dari 6 halaman

2. Ajari dia untuk bangga pada kecantikan dirinya dan menjadi teladan

Menurut para ahli, salah satu alasan mengapa gadis kecil bisa menjadi tak puas dengan tubuh dan penampilan mereka saat tumbuh adalah ketika memiliki seorang ibu yang terlalu mementingkan berat badannya sendiri.

Sebagai akibatnya anak-anak perempuan dari para ibu ini mungkin merasa malu dengan tubuh mereka yang dapat berujung pada rendahnya harga diri, masalah makan, dan bahkan depresi.

Jadi, setiap kali Anda mengatakan dengan suara keras bahwa berat badan Anda bertambah dan terlihat 'mengerikan' di hadapan anak perempuan Anda, pikirkan tentang bagaimana hal itu dapat memengaruhi harga dirinya. Alih-alih, cobalah mencari sesuatu untuk memuji tubuh Anda dan berikan teladan yang baik untuk diikuti putri Anda.

 

4 dari 6 halaman

3. Katakan padanya tak apa-apa untuk meminta bantuan

Wanita diajarkan untuk bisa melakukan apa saja, terlebih bila mereka nantinya akan menjadi ibu rumah tangga. Tapi kadang-kadang meminta bantuan itu perlu.

Bagi anak kecil, hal tersebut tak mudah. Beberapa anak dengan mudah merasa frustasi dan cenderung menyerah terlalu cepat lalu berpikir mereka tak bisa berbuat lebih baik.

 

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

Sebaliknya, ada pula anak yang tumbuh menjadi perfeksionis dan mereka tak mau meminta bantuan dari orang dewasa. Lalu ketika mereka gagal, mereka mendapatkan penderitaan yang tak perlu.

Cobalah jelaskan pada putri Anda bahwa meminta bantuan bukanlah pertanda lemah atau tak kompeten, namun itu pertanda menjadi manusia.

 

6 dari 6 halaman

4. Ajari dia untuk menciptakan kebahagiaannya sendiri alih-alih mencarinya

Ketidak percayaan diri dapat menyebabkan orang akan terus mencari persetujuan dan cinta dari orang lain untuk merasa bahagia. Dalam jangka panjang, ini dapat mengarah pada hubungan yang saling bergantung namun berbahaya, di mana salah satunya akan terus bergantung sementara yang lain terus berkorban.

Cobalah untuk membantu putri Anda menyadari bahwa ia bisa menciptakan kebahagiaannya sendiri dan bahwa sumber harga diri dan kepercayaan diri yang tinggi berasal dari dalam dirinya.

Berikut ini hal-hal positif yang bisa Anda ajarkan pada putri Anda:

  • Berpikir positif
  • Bersyukur dan menghargai hal-hal yang kita lakukan untuk satu sama lain
  • Bersenang-senang
  • Menemukan kegembiraan dalam hal-hal sehari-hari
  • Olahraga teratur dan makan sehat