Sukses

Baznas Berdayakan Pengemudi Ojol Distribusikan Bantuan untuk Tenaga Medis

Liputan6.com, Jakarta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggandeng para pengemudi ojek online untuk mendistribusikan bantuan bagi tenaga medis di RS Yarsi Cempaka Putih, Senin (13/4). Bantuan yang disalurkan berupa kopi seduh dan teh celup untuk membantu kebutuhan logistik para tenaga kesehatan saat bertugas dalam penanganan Covid-19.

Kepala BAZNAS Tanggap Bencana, Dian Mandana Aditya Putri, mengatakan keterlibatan para pengemudi ojek online dalam pendistribusian bantuan ini merupakan salah satu upaya BAZNAS memberdayakan mereka saat kondisi diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

“Pemberlakuan PSBB ini membuat pengemudi ojek sepeda motor berbasis aplikasi dibatasi penggunaannya hanya untuk pengangkutan barang. Merespon hal ini BAZNAS berupaya membantu mereka agar tidak kehilangan penghasilan, dengan memesan via aplikasi pengiriman barang, untuk turut serta melibatkan mereka menyalurkan barang bantuan bagi tenaga medis,” jelasnya.

Dian menambahkan pengemudi ojek online menjadi salah profesi yang pendapatannya menurun drastis saat diberlakukan PSBB. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari mereka mengandalkan order dari penumpang perorangan.

“Selama pandemi ini, kami sebelumnya juga melibatkan para pengemudi ojek online dalam program Cash for Work untuk membantu melakukan penyemprotan disinfektan ke area publik dalam aksi pencegahan Covid-19. Semoga kami bisa membantu lebih banyak lagi masyarakat yang terdampak dalam situasi ini,” ujar Dian.

2 dari 3 halaman

Terus ulurkan bantuan

Di kesempatan lain, Kepala Divisi Pendistribusian, Ahmad Fikri mengatakan BAZNAS tak akan berhenti bergerak untuk terus mengulurkan bantuan kepada mereka yang tengah terdampak secara ekonomi akibat krisis Covid-19.

“Pandemi Covid-19 benar-benar menimbulkan dampak kepada keluarga miskin, pekerja informal dan kelompok rentan secara ekonomi. BAZNAS berkomitmen untuk terus berupaya berjuang memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Semoga BAZNAS bisa menjadi roda penggerak lembaga zakat lainnya di Indonesia untuk tak hentinya berjuang demi menyelamatkan mereka dari jurang kemiskinan karena krisis ini,” pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Lekas Pulih Indonesia

Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama melakukan gerakan 'Lekas Pulih Indonesia' untuk membantu mereka yang terkena dampak dari pandemi Virus Corona COVID-19. 

Partisipasi masyarakat dalam gerakan ini akan sangat membantu mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19 di Tanah Air dan memulihkan kondisi mereka yang terdampak krisis Virus Corona COVID-19.

Bagi yang ingin berdonasi dapat langsung mengirimkan ke rekening berikut ini:

  1. Bank BRI Syariah 100.078.3214 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

  2. Bank Mandiri 070.000.185.5555 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional).