Sukses

4 Tipe Kepribadian Menurut Ilmu Psikologi, Kamu yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta Setiap individu sudah pasti memiliki karakter atau kepribadian yang berbeda-beda. Sudah sepatutnya kalian pun mengetahui karakter diri masing-masing. Dengan mengenali kepribadian atau karakter diri kalian bisa dengan mudah mengoptimalkan perubahan diri ke arah yang lebih baik dan positif.

Namun tak hanya diri sendiri loh, kalian juga dianjurkan untuk bisa mengerti dan mengetahui kepribadian seseorang. Hal ini untuk membantu memahami lawan bicara pada interaksi sosial dengan orang- orang sekitar.

Lalu tahukah kalian bahwa menurut ilmu Psikologi, setidaknya terdapat 4 kepribadian yang dimiliki seorang individu. Dikutip dari Psychologia berikut ulasannya:

Sanguinis

Orang dengan kepribadian Sanguinis merupakan individu yang optimis dan selalu bersemangat. Orang Sanguinis juga kreatif dan ramah dengan orang lain. Tak heran banyak orang senang berada di dekatnya. Mereka juga dikatakan merupakan kepribadian yang memiliki jiwa petualang. Orang dengan kepribadian ini dikatakan cocok bekerja di industri hiburan seperti fashion, travel, olahraga atau marketing.

2 dari 4 halaman

Plegmatis

Orang dengan kepribadian Plegmatis dikatakan cinta kedamaian dan akan selalu berusaha menghindari konflik dengan siapa saja.  Mereka juga senang membantu orang lain. Kalian nampaknya tak perlu meragukan kesetiaan orang dengan kepribadian Plegmatis. Plegmatis juga seorang yang sering menyebarkan kebahagiaan lewat humor-humornya yang jenaka hingga membuat orang lain turut bahagia dibuatnya.

Orang dengan kepribadian ini dikatakan cocok bekerja dibidang jasa seperti perawat, guru, psikolog atau pelayanan publik.

3 dari 4 halaman

Koleris

Koleris dikenal sebagai tipe kepribadian yang cerdas dan selalu mengedepankan logika. Orang dengan kepribadian Koleris juga dikatakan keras kepala dan mudah marah. Mereka juga tak terlalu suka basa-basi dan lebih senang melakukan berbagai hal sendiri. Mereka dikatakan hanya nyaman berada bersama dengan orang yang memiliki ketertarikan yang sama.

Orang-orang dengan tipe Koleris dikatakan lebih cocok bekerja di bidang manajemen, teknologi, statistik, bisnis, teknik atau programming.

4 dari 4 halaman

Melankolis

Berbeda dengan Sanguinis, orang dengan kepribadian Melankolis termasuk orang yang introvert. Mereka umumnya mudah khawatir, pemikir dan tidak terlalu suka dengan keramaian. Mereka juga terkadang meremehkan diri sendiri, padahal kenyataannya diri mereka tidak seburuk itu.

Namun kelebihan Melankolis adalah seseorang yang analitis dan sangat kreatif. Orang dengan tipe kepribadian ini cocok bekerja di bidang manajemen, akunting, atau administrasi.