Sukses

Viral Video Orangutan Cuci Tangan dengan Sabun, Bikin Warganet Gemas

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi virus Corona Covid-19 yang masih mewabah hingga kini membuat kita diimbau untuk lebih menjaga kebersihan. Salah satu yang sangat dianjurkan ialah dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin.

Dengan mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik dikatakan bisa membunuh kuman-kuman dan virus yang ada. Itu mengapa mencuci tangan dengan rutin sangat berperan penting untuk mencegah risiko tertular virus Corona.

Namun nampaknya kebiasaan cuci tangan tak hanya dilakukan oleh manusia saja loh. Pasalnya belum lama ini viral sebuah video yang menunjukkan orangutan sedang mencuci tangannya dengan sabun.

Akun facebook Center for Great Apes pada Minggu (15/3/2020) lalu mengunggah sebuah video orangutan bernama Sandra mencuci dan menyikat tangannya dengan air sabun.

“Dia benar-benar menyikat tangannya selama 20 detik, good job Sandra,” tulis akun tersebut.

2 dari 5 halaman

Cuci tangan gunakan sikat

Orangutan yang diketahui telah berusia 34 tahun ini dengan seksama menyikat jari-jari dan telapak tangannya menggunakan sebuah sikat berwarna biru. Di hadapannya terdapat sebuah ember besar berisi air sabun yang berbusa.

3 dari 5 halaman

Videonya viral

4 dari 5 halaman

Dipuji warganet

Aksi Sandra rupanya menuai pujian warganet, banyak dari mereka yang salut dengan kepintaran Sandra.

“Sandra mengikuti imbauan CDC untuk cegah Covid-19,” tulis Grover Rose.

“Good job Sandra. Tirulah Sandra, cuci tangan kalian!” kata akun Lily Lottes.

“Dia sangat menakjubkan, aku menyukainya! Dia benar-benar mengerti betapa pentingnya mencuci tangan di masa darurat ini,” ujar Monica Rivera. 

 

5 dari 5 halaman

Panduan cuci tangan yang benar

Di masa darurat pandemi virus Corona Covid-19 ini kita memang diimbau untuk secara rutin mencuci tangan dengan sabun. Melalui laman resminya, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, atau CDC mengungkapkan setidaknya ada lima langkah yang bisa dilakukan agar mencuci tangan benar-benar bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit, bukan hanya virus corona. Cara tersebut adalah:

  1. Basahi tangan Anda dengan air bersih yang mengalir, boleh hangat atau dingin, kemudian matikan keran, dan gunakan sabun.
  2. Gunakan sabun di seluruh tangan dengan cara menggosoknya. Bersihkan bagian belakang tangan, di antara jari-jari, serta di bawah kuku.
  3. Bersihkan tangan setidaknya selama 20 detik. CDC mengatakan, waktu ini setidaknya sama dengan menyanyikan lagu "Happy Birthday" sebanyak dua kali.
  4. Bilas tangan Anda dengan air bersih yang mengalir.
  5. Keringkan tangan Anda dengan handuk bersih atau gunakan pengering.