Sukses

Heboh Pocong Indonesia Masuk Berita di Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka hal seremeh pocong pun bisa membuat orang Korea Selatan (Korsel) kagum? Semua bermula dari kisah warga di Purworejo menggunakan Pocong untuk menjaga agar warganya tetap berdiam di rumah selama pandemi virus Corona.

Uniknya, oleh berita-berita di Korsel, penyebutan pocong berubah menjadi puchung, puchung gwishin, bahkan pochongie. Hal ini awalnya disampaikan oleh akun Twitter @may1695.

 

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

Menurut may J, berita Korea itu benar-benar menjelaskan apa itu pocong, tali pocong, bahkan tentang alasan mengapa tali pengikat pocong tidak dibuka.

 

Tak hanya itu, berita-berita Korea itu juga menyampaikan bahwa "Selain terkenal dibanyak film, Pochongie juga sengaja digunakan untuk mengingatkan akan kematian.”

 

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

Dalam dua berita yang memuat liputan kampung di Purworejo tersebut, tampak pembawa berita menjelaskan mengapa pocong digunakan untuk mengusir warga yang tak mengindahkan anjuran berdiam di rumah karena pandemi Corona.

 

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

Menariknya, bagi netizen Korsel sendiri keberadaan hantu pocong justru membuat terlihat lucu. Hal ini terlihat dari komentar mereka yang kemudian diterjemahkan oleh may J.

 

"Gila, lucu banget nih setannya."

"Woy ini setan lucu banget."

 

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Netizen Indonesia sendiri merespon positif cuitan yang telah dibagikan lebih dari 12 ribu kali dan disukai lebih dari 22 ribu kali itu.

"Karena di Indonesia sudah tidak ada harga dirinya, akhirnya mereka debut di Korea," cuit @adhunlee.

"Pocong jadi keliatan kerena di mata warga Korea karena bisaa teleport," cuit PearlCherry24.